Respon Terhadap Penerapan Cluster Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswi MMA Kelas VII

  • Hidayatur Rohmah
  • Emi Lilawati
Keywords: cluster, gambar, kosakata

Abstract

Menguasai kosakata, terutama pada mata pelajaran bahasa Inggris adalah salah satu factor yang paling penting di dalam mempermudah proses pembelajaran. Pendidik juga harus memberikan teknik yang baik agar peserta didik merasa tertarik dalam mempelajari kosakata. Teknik Cluster dengan menggunakan media gambar telah digunakan pendidik dalam belajar kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap teknik Cluster dengan menggunakan media gambar dalam mempelajari dan menghafal kosakata bahasa Inggris pada siswi kelas VII-B Madrasah Mu'alliminn Mu'allimat (MMA) Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang.  Deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan meneliti data kuisioner yang diberikan peneliti kepada pesrta didik. Hasil penilitian menunjukkan bahwa teknik Cluster dengan menggunakan media gambar memberikan efek positif bagi siswa dalam pemahaman kosakata mereka. Hal ini dapat dilihat dari diagram hasil kuisioner. Belajar dengan menggunakan teknik cluster dan gambar membantu siswa lebih mudah dalam memahami kosakata baru, sehingga siswa lebih mudah menghafal nama-nama benda yang terkait dengan topic.

 

Kata kunci: cluster, gambar, kosakata .

Published
2019-11-11
How to Cite
Rohmah, H., & Lilawati, E. (2019). Respon Terhadap Penerapan Cluster Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswi MMA Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 137-143. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/681

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.