FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MENABUNG SISWA SEKOLAH DASAR

(Studi Kasus : Siswa SDN di Kabupaten Jombang)

Authors

  • Dian Kusuma Wardani
  • Umi Kulsum Nur Qomariah

Keywords:

eksogen, endogen, jalur, sampling, simpel

Abstract

Tujuan menabung adalah agar anak memiliki perencanaan keuangan untuk masa depan. Belajar menabung membantu anak belajar disiplin. Anak akan memiliki kebanggaan jika bisa mengumpulkan uang yang cukup banyak dalam waktu yang lama. Anak akan bangga jika bisa membeli sesuatu menggunakan uang hasil tabungan sendiri. Analisis Jalur merupakan metode untuk mempelajari pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung, pengaruh tak teranalisis dan pengaruh semu diantara variabel eksogen dan variabel endogen. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi menabung siswa sekolah dasar di Kabupaten Jombang. Dari seperangkat variabel penyebab (variabel eksogen) yaitu variabel pengaruh orang tua, guru, kebutuhan siswa dan program menabung sekolah  terhadap seperangkat variabel akibat (variabel endogen) yaitu variabel pemahaman siswa tentang uang dan menabung dan motivasi menabung siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yaitu data hasil kuesioner. Teknik sampling yang digunakan Simple Random Sampling. Perhitungan ukuran sampel menggunakan rumus Issac Michael. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada model struktural 1, variabel orang tua dan guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel pemahaman siswa tentang uang dan menabung sedangkan pada model struktural 2, variabel program menabung sekolah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel motivasi siswa menabung.

.

Kata kunci: eksogen, endogen, jalur, simpel, sampling.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-11

How to Cite

Wardani, D. K., & Nur Qomariah, U. K. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MENABUNG SISWA SEKOLAH DASAR: (Studi Kasus : Siswa SDN di Kabupaten Jombang). Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 92–98. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/674