ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DENGAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK

Authors

  • Arfiyan Widiyanto
  • Eko Sujarwanto
  • Suci Prihaningtiyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep peserta didik tentang materi Gelombang Mekanik dan persebaran pemahaman konsep peserta didik tentang materi Gelombang Mekanik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Model penelitian yang digunakan yaitu model penelitian survei. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA semester genap MA. Darul ‘Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang pada tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA semester genap MA. Darul ‘Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang pada materi Gelombang Mekanik termasuk dalam kategori lemah dengan skor rata-rata sebesar 64,6%, dan mengalami miskonsepsi sebesar 26,9%. Dari hasil penelitian tersebut tampak jelas persebaran pemahaman konsep peserta didik mulai dari meteri jenis-jenis gelombang, besaran-besaran gelombang, gelombang berjalan, gelombang stasioner dan superposisi gelombang mengalami kategori pemahamaan konsep lemah cukub besar dan mengalami kategori miskonseps. Pada materi Gelombang Mekanik konsep yang mengalami miskonsepsi terbesar adalah ketidak keterkaitan cepat rambat tali  dengan gerak tangan penggetar tali yaitu miskonsepsi sebesar 47,0%. Dan pada materi Gelombang Mekanik yang paling kecil mengalami kategori Miskonsepsi adalah pemahaman konsep tentang arah perambatan gelombang yaitu 11,8%.

 

Kata Kunci: pemahaman konsep, miskonsepsi, Instrument Four Tier Diagnostic Test, gelombang mekanik.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-10

How to Cite

Widiyanto, A., Sujarwanto, E., & Prihaningtiyas, S. (2018). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DENGAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 138–146. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/279