PENERAPAN GAME EDUKASI “SPEAK ENGLISH†PADA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SPEECH RECOGNITION
DOI:
https://doi.org/10.32764/saintekbu.v11i2.218Abstract
Bahasa inggris merupakan sebuah bahasa komunikasi yang sangat berperan dalam menghubungkan antar negara. Dalam berkomunikasi dapat menyampaikan secara lisan maupun tulisan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memberikan informasi. Orang-orang dari berbagai negara terdorong untuk mempelajari bahasa inggris sebagai sarana menambah wawasan dalam mengikuti perkembangan zaman. Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang wajib untuk dipelajari, mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Akan tetapi dalam praktek pembelajarannya masih terdapat banyak masalah, Khususnya di lembaga pendidikan tingkat Sekolah Dasar. Masalah tersebut seperti, siswa kesulitan dalam mempelajari bahasa asing atau bahasa baru yang hanya digunakan ketika proses belajar di kelas, masalah lain disebabkan karakter pribadi masing-masing siswa berbeda-beda dalam memperhatikan pelajaran. Metode pembelajaran juga perlu dipertimbangkan karena masih banyak siswa yang kurang dalam memanfaatkan media pembelajaran, terutama media pembelajaran yang disajikan dalam smartphone berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk membuat game edukasi yang berisi pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan teknologi Speech Recognition pada tingkat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu System Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan model Waterfall. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan study literatur dan observasi di MI AL IHSAN Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game yang edukatif sangat membantu siswa lebih efektif dan dapat mendorong siswa dalam mempelajari bahasa inggris.