https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/margin/issue/feed MARGIN ECO 2023-11-24T23:15:00+00:00 Wisnu Mahendri, MM wisnumahendri@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Margin Eco adalah jurnal ekonomi dan perkembangan bisnis.</p> <p>Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang. Terbit secara berkala pada bulan Mei dan November. Dimana sebagai sarana kajian ilmiah dan keilmuan di bidang ekonomi yang merupakan hasil penelitian akademik para peneliti, dosen, dan penulis.</p> https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/margin/article/view/4013 Strategi Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement 2023-11-03T23:02:32+00:00 Putra Ramadhani putra.nurwijayanto@unmer.ac.id Mohammad Mahendra Dharmawan mahendradarmawan16@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis strategi influencer marketing yang digunakan oleh akun Instagram sotoayamcakson dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan (customer engagement). Dalam era pemasaran digital dan media sosial, influencer marketing telah menjadi alat yang berpengaruh dalam membangun interaksi yang kuat antara merek dan pelanggan potensial.</p> <p>Studi deskriptif dalam penelitian ini akan menggambarkan bagaimana sotoayamcakson berkolaborasi dengan influencer Instagram untuk menciptakan konten yang menarik dan memikat. Analisa dilakukan dari jenis-jenis konten yang dihasilkan,pengumpulan data melalui pattern matching dan mengidentifikasi strategi pemasaran yang digunakan, serta respons dan interaksi pelanggan terhadap konten influencer.</p> <p>Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sotoayamcakson berusaha untuk mengkombinasikan mega influencer hingga nano influencer. Kombinasi tersebut ditujukan guna untuk mendatangkan kesadaran terhadap produk dan keterlibatan dari para calon maupun para pelanggan loyal sotoayamcakson. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan dampak akademis mengenai strategi influencer marketing yang dilakukan oleh sotoayamcakson.</p> 2023-11-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Putra Ramadhani, Mohammad Mahendra Dharmawan https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/margin/article/view/4084 Tren Pemasaran Masa Depan 2023-11-24T23:15:00+00:00 Chusnul Rofiah chusnulstiepgridewantara@gmail.com <p>Alat pemasaran adalah yang paling penting dalam kaitannya dengan kesuksesan bisnis (LabanauskaitÄ— et al., 2020) sedikit literatur yang membahas AR di bidang real estate aplikasi yang disebutkan adalah hasil penelitian internet dan literatur yang ekstensif Munawar et al., (2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui semakin relevannya pemasaran media sosial dan augmented reality di pasar real estat perumahan terkait teknologi pendukungnya alat seperti augmented reality. Kontribusi penelitian ini terhadap literatur yang ada terkait erat dengan kesenjangan pengetahuan yang disebutkan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan paradigma fenomenologi dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan Cyber fenomenologi (Rofiah, 2023) dengan desain Penelitian Sederhana Dengan Teori Triangulasi (Rofiah, 2021). Temuan : (1) Pemasaran Media Sosial : Menciptakan Awareness; Untuk Track Record; Sebagai Portofolio Perusahaan. (2) Konten Kreatif: Konten Yang Memiliki Interaksi Tinggi;Konten Untuk Portofolio; Konten Sesuai Trend/ Traffic; Konten Daily Office; Memakai Sound Trend;Posting Setiap Hari. (3) Teknologi Augmented Reality: Sebagai Bagian dari Produk</p> 2023-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Chusnul Rofiah https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/margin/article/view/4096 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETAHANAN USAHA MIKRO KECIL DI KOTA GORONTALO 2023-11-03T23:04:48+00:00 Mohamad Fagliantoro Kadir mohamadfagliantorokadir@gmail.com Frahmawati Bumulo frahmawatibumulo@ung.ac.id Sri Indriyani S. Dai sriindriyani_dai@ung.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Pengaruh Digital Marketing dan Dukungan Pemerintah Terhadap Ketahanan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Primer yang Bersumber dari 50 responden. Penelitian Ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan Pendekatan <em>Crossection</em>. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Digital Marketing Berpengaruh Poisitif dan Signifikan terhadap Ketahanan UMKM Di Kota Gorontalo. Artinya bahwa, setiap peningkatan Digital Marketing sebesar 1 satuan dapat meningkatkan Ketahanan UMKM di Kota Gorontalo Tahun 2023. 2). Dukungan Pemerintah Berpengaruh Negatif dan tidak signifikan terhadap Ketahanan UMKM. Artinya bahwa setiap peningkatan UMKMsebesar 1 satuan maka dapat menurunkan Ketahanan UMKM di Kota Gorontalo. Akan tetapi hal tersebut tidak bisa di jelaskan secara nyata, diakibatkan tingkat signifikansi kurang dari kepercayaan 10 persen.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Mohamad Fagliantoro Kadir, Frahmawati Bumulo, Sri Indriyani S. Dai https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/margin/article/view/4116 The Right Man On The Right Place : Rekrutmen Crew Pada Event Organizer 2023-11-03T23:06:32+00:00 Kristin Juwita kristinjuwita66@gmail.com Mei Ambar Kurniawati meiambarkurniawati9265@gmail.com <p>Fams Organizer merupakan bisnis pada bidang pelayanan (<em>event organizer</em>) yang tengah naik daun dan menjadi favorit masyarakat. Kinerja dari <em>event organizer</em> adalah merencanakan suatu acara, hingga pada saat pelaksanaan acara guna menentukan kepuasan pelanggan. Bekerja pada bidang ini tentunya diperlukan seseorang yang berkompeten pada bidangnya. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengkaji serta menganalisis data secara objektif berdasarkan fakta yang ditemukan yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau paparan tentang bagaimana proses rekrutmen yang berlangsung pada <em>Fams Organizer</em>, sehingga mendapat <em>crew</em> yang sesuai dengan kriteria dan menempatkan calon pelamar menjadi <em>c</em><em>rew</em> pada tempat yang tepat. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa proses rekrutmen pada Fams Organizer telah terlaksana dengan terstruktur dari tahap mengidentifikasi jabatan, pendaftran, seleksi administrasi, wawancara hingga training. Diketahui bahwa <em>Fams Organizer</em> mengagunkan strategi rekrutmen yang berbeda dalam proses wawancara yaitu secara kelompok, hal ini dinilai <em>Fams</em> <em>Organizer</em> cukup efektif dalam mencari pelamar yang sesuai dengan kriteria.</p> 2023-11-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Kristin Juwita, Mei Ambar Kurniawati https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/margin/article/view/4122 Pengaruh Brand Image Dan Personal Branding Terhadap Keputusan Pembelian 2023-11-03T23:07:28+00:00 Talitha Zaidah Azmi 21043010079@student.upnjatim.ac.id Hilmi Taufiqurrahman putraawijaya10@gmail.com Balqi Chesta Adabi 21043010303@student.upnjatim.ac.id Marsinem Marsinem marsinem@stia-bayuangga.ac.id Eko Wicaksono ekowicaksono333@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>brand image</em> dan <em>personal branding</em> secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian di toko bangunan UD Bersaudara Krian. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>brand image</em> (X1) dan <em>Personal Branding</em> (X2). Sedangkan variabel dependen adalah Keputusan Pembelian (Y). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian <em>explanatory research</em>. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik <em>Accidental Sampling. </em>Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket pada konsumen. Teknis analisis data dalam penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software komputer SPSS 18 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>brand image</em> dan <em>personal branding </em>berpengaruh baik secara simultan dan parsial signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa <em>brand image</em> dan <em>personal branding </em>berpengaruh terhadap keputusan pembelian.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Talitha Zaidah Azmi, Hilmi Taufiqurrahman , Balqi Chesta Adabi, Marsinem, Eko Wicaksono https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/margin/article/view/4130 Strategi Meningkatkan Minat Wisatawan Untuk Berkunjung Ulang ke Destinasi Desa Wisata Melalui Peningkatan Daya Tarik 2023-11-06T16:01:09+00:00 Mar'atul Fahimah maratulfahimah@unwaha.ac.id Siti Nur Qomariyah sitinurqomariyah@unwaha.ac.id Rahmat Maulana Sukma Dewantara rahmatmaulanaa222@gmail.com <p><em>Sumber Gempong Tourism is located in one of the villages of Mojokerto district. This destination is in the Ketapanrame tourist village area, which has beautiful natural views. Visitors can enjoy the beauty of nature and the surrounding environment from views of mountains, rice fields, forests, rivers, water sources and facilities. This study aims to find out how attractiveness influences interest in revisiting the Sumber Gempong Trawas rice field tourism. The associative approach in research focuses on looking for relationships or associations between variables. The population of this study includes all people who have visited the Sawah Sumber Gempong tourist destination in Trawas and have visited it at least once. The number of samples was 100 visitors. The sampling technique is purposive sampling. In research using multiple regression analysis. The results show that the attractiveness variable influences visitors' desire to visit the Sumber Gempong Trawas Mojokerto.</em></p> 2023-11-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Mar'atul Fahimah, Siti Nur Qomariyah, Rahmat Maulana Sukma Dewantara