Pengembangan Eiffel Laundry Ditinjau Dari Aspek Pasar Dan Pemasaran Serta Aspek Teknis
DOI:
https://doi.org/10.32764/margin.v3i2.846Abstract
Bisnis yang bergerak di bidang jasa di Jombang yaitu jasa dalam mencuci pakaian. Pemilik usaha ingin mengembangkan bisnis dengan membuat inovasi dibagian aspek pasar dan pemasaran serta pada aspek teknis sistem. Bisnis ini bertujuan untuk memperoleh keuntungan pengembalian modal serta mengembangkan usaha agar usaha ini tetap berjalan dan menjadi bisnis laundry yang terus berkembang. Maka dari itu, dilakukan analisis kelayakan pengembangan bisnis Eiffel Laundry di Jombang. Penelitian ini dilakukan pada November-Desember 2019 dengan teknik pengumpulan data sekunder dengan mengkaji teori dan penelitian terdahulu dan website. Metode yang digunakan dalam Jombang penelitian ini adalah aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan aspek finansial dengan analisis kelayakan bisnis yaitu Payback Period (PP) dan analisis Risiko.
Dalam aspek pasar dan pemasaran bisnis Eiffel Laundry yang memiliki tingkat minat konsumen yang banyak didasarkan pada pasar potensial, pada pasar tersedia tingkat ketersediaan konsumen dalam menggunakan jasa laundry dengan tarif yang telah ditentukan. Pada aspek teknis didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga mampu memenuhi permintaan demand. Dalam aspek finansial, bisnis layak dijalankan dengan modal sendiri dengan payback period selama 15 bulan 10 hari. Dalam analisis risiko total jumlah persentase risiko dari berbagai aspek memiliki total risiko sebesar 11,67%. Berdasarkan hasil diatas maka dari itu dapat disimpulkan bahwa bisnis layak untuk dijalankan.
Kata kunci: Studi Kelayakan Pasar dan Pemasaran, Investasi dan Analisis Risiko