Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kosmetik Pada Kalangan Mahasiswa STKIP PGRI Jombang

Authors

  • Febri Nur Khofifah STKIP PGRI Jombang
  • Siti Munawaroh STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/margin.v7i1.3851

Abstract

Di era wabah Covid-19, konsumen tidak lagi mendapat informasi tentang produk dari produsen saja. Informasi produk dari mulut ke mulut dapat diperoleh dari konsumen lain yang secara pribadi kita kenal. Dengan kemajuan teknologi internet, komunikasi dari mulut ke mulut tidak hanya bersifat personal, melainkan dapat dilakukan dengan cakupan jaringan yang lebih besar yang biasa kita kenal dengan word of mouth elektronik. Kata-kata elektronik memiliki konsep berupa opini tentang produk dan perusahaan yang diungkapkan oleh pelanggan nyata melalui jejaring online, berwujud komentar baik atau buruk, karena mendorong pandangan citra merek calon pelanggan dan dampaknya kepada minat beli barang mereka dan kepuasan konsumen. Maksud observasi ini yaitu untuk memahami dampak electronic word of mouth kepada rasa puas konsumen kosmetik yang dibahas di media sosial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  dengan pengambilan sampel dalam metode non-sampling, dengan menyebarkan angket kepada 35 responden mahasiswa (perempuan) usia 17 dan 23 tahun di google formulir. dianalisis dengan uji statistik, menggunakan software IBM SPSS 26 untuk Windows. Hasil penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan komunikasi lisan ke lisan berdampak relevan akan rasa puas pelanggan atau konsumen pada mahasiswa STKIP PGRI Jombang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Febri Nur Khofifah, STKIP PGRI Jombang

 

 

Siti Munawaroh, STKIP PGRI Jombang

 

 

Downloads

Published

2023-05-31