Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Membaca Teks Arab pada Siswa serta Alternatif Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah

Authors

  • Mahir Arriyadli Ma'ruf Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Lailatul Mathoriyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/lahjah.v7i2.4902

Keywords:

Analisis kesalahan, sintaksis, membaca teks bahasa arab

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh anggota komunitas untuk berhubungan satu sama lain. Salah satu bahasa Semit yang masih aktif digunakan hingga saat ini adalah bahasa Arab. Status bahasa Arab sebagai bahasa yang dipilih Allah untuk Al-Qur'an dan sebagai bahasa agama menjadikannya tetap relevan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis kesalahan sintaksis dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pada siswa kelas 8 MTs H. Agussalim Gudo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan I’rab, meliputi Rafa’, Nashab, Jer, dan huruf, sering terjadi pada siswa. Kekurangan dalam pemahaman I’rab pada teks Arab ditemukan sebagai masalah yang signifikan, mengingat pentingnya bahasa Arab dalam sistem pendidikan di Indonesia, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab, antara lain melalui pelatihan guru, penggunaan metode pengajaran yang bervariasi, peningkatan latihan membaca, penyediaan materi ajar yang relevan, kelas tambahan, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, serta monitoring dan evaluasi berkala.

Downloads

Published

2024-08-29

Issue

Section

Articles