Penerapan Metode Crossword Puzzle Berbasis Aplikasi Puzzle Maker dalam Peningkatan Mufradat Bahasa Arab Siswa

Authors

  • Anisah Firdausi Nuzula Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.32764/lahjah.v7i2.4661

Keywords:

Crossword puzzle, kosakata, mufradat, vocabulary

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembelajaran Crossword puzzle berbasis puzzle maker terhadap hasil belajar siswa kelas 7G di madrasah Tsanawiyah negeri 4 Sidoarjo pada pembelajaran Mufrodat tema "kegiatan sehari-hari keluarga". Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas 7G MTsN 4 Sidoarjo yaitu sebanyak 32 siswa. Prosedur pelaksanaan penelitian meliputi pemilihan siswa sebagai subjek penelitian, pengumpulan data melalui metode kualitatif, pengolahan dan analisis data melalui metode kualitatif terdapat kenaikan nilai yang terjadi setelah peserta didik belajar menggunakan metode Crossword Puzzle (Teka-teki silang) pada mata pelajaran Mufrodat Bahasa Arab dengan materi Min Yaumiyatil Usroh. Setelah melakukan penelitian, disimpulkan bahwa metode Crossword puzzle yang diterapkan di MTsN 4 Sidoarjo dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang berada di kelas 7G

Downloads

Published

2024-08-29

Issue

Section

Articles