Analisis Kesalahan Nahwu Dalam Penulisan Abstrak Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Authors

  • Afif Kholisun Nashoih Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Lailatul Mathoriyah Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah
  • Nanang Qosim Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah
  • Muhammad Faishol Sholahuddin Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/allahjah.v6i2.3858

Keywords:

Error analysis, nahwu, thesis, Analisis kesalahan, skripsi

Abstract

Analisis kesalahan menjadi salah satu upaya memperbaiki kualitas pembelajaran bahasa Arab di berbagai jenjang pendidikan, tidak terkecuali di jenjang perguruan tinggi. Untuk itu, penelitian tentang tentang analisis kesalahan sintaksis dalam abstrak mahasiswa PBA ini perlu dilakukan, guna dapat mendeskripsikan dan mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang memiliki kuantitas terbanyak, sehingga dapat meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa terhadap ilmu nahwu. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti yang merupakan instrument utama, menggunakan penyimakan atau observasi mendalam terhadap 25 skripsi para mahasiswa Prodi PBA UNWAHA yang diambil secara random mulai dari 2017 hingga tahun 2022. Pada tahap analisis data dari penelitian yang berjenis deskriptif kualitatif ini, peneliti menggunakan metode padan intralingual. Metode tersebut dilakukan dengan cara menghubungbandingkan unsur-unsur lingual dalam abstrak skripsi dengan kaidah-kaidah ilmu nahwu. Dari hasil penelitian, didapatkan fakta bawah kesalahan mahasiswa dalam penulisan abstrak skripsi terkategorikan dalam beberapa aspek, yaitu aspek kesalahan i'rab, ketidaksesuaian antara mudzakkar dan muannats, kesalahan susunan idhafah, ketidaksesuaian na’at terhadap man’ut, ketidaktepatan susunan idiomatis antara kata kerja dan huruf jar, dan terakhir adalah kesalahan dalam konsep adad-ma’dud. Faktor utama yang menyebabkan munculnya kesalahan tersebut adalah minimnya penguasaan mahasiswa terhadap nahwu, baik secara teoritis ataupun juga praktis.

Downloads

Published

2023-07-29

Issue

Section

Articles