PENDEKATAN HOLISTIK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.32764/lahjah.v2i2.330Abstract
Abstraks
Dalam pembelajaran bahasa Arab, terdapat empat maharah yang harus dikuasai oleh para peserta didik, yaitu maharah istima’, maharah kalam, maharah kitabah dan maharah qiro’ah. Keempat maharah tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Dalam tulisan ini penulis membahas tentang pembelajaran bahasa dengan menggunakan pendekatan holistik. Dengan menggunakan pendekatan holistik keempat maharah tersebut dapat diajarkan secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui potensi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan holistik. Metode yang digunakan penulis untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipasi (nonparticipatory observation). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah yaitu meningkatnya spiritualitas peserta didik, meningkatkan pemahaman pelajaran bahasa arab, pembelajaran yang aplikatif dan efektif, dan mewujudkan pribadi berkarakter. Selain itu, peserta didik dapat belajar bahasa arab secara utuh, lingkungan belajar yang berintergritas, mewujudkan pribadi berintegritas antara individu dan sosial, fokus dalam belajar, mengembangkan peserta didik sesuai potensi.