Upaya Guru PAI dalam Menerapkan Situasi Belajar Mengajar dengan Metode Demonstrasi di SMA An-Nur Malang
DOI:
https://doi.org/10.32764/allahjah.v5i2.3282Keywords:
Upaya guru, Penerapan, Belajar-Mengajar, Metode Demonstrasi.Abstract
Metode yang dipilih oleh pendidik tidak boleh bertentangan dengan tujuan pembelajaran. Metode harus mendukung kemana kegiatan interaksi edukasi berproses guna mencapai tujuan tersebut. Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara langsung maupun melalui pengguna media pengajaran yang releven dengan pokok bahasan atau materi yang di sajikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam metode demonstrasi di SMA An-Nur Bululawang, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah di terapkan metode demonstrasi di SMA An-Nur Bululawang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya yaitu: mengembangkan dan menjadikan suasana pelajaran menjadi lebih menyenangkan, mampu mengimplementasikan rencana proses pembelajaran dengan efektif dan efesien, menyusun, memiliki, menguasai, dan memilih strategi pembelajaran yang cocok untuk dilaksanakan. Hasil analisis terhadap pelaksanaan metode demonstrasi di SMA An-Nur ini guru berhasil dan mampu memberikan hasil yang sangat baik bagi siswanya dimana para siswa berlomba-lomba untuk mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan belajar, dengan berbekal pemahaman yang sangat kuat untuk pembelajaran yang akan di ajarkan oleh guru di kelas.