Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Ispring Suite pada Mata Pelajaran Aswaja untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Islam Mbah Bolong Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.32764/allahjah.v6i1.3262Keywords:
Implementasi, Media Pembelajaran, iSpring Suite, AswajaAbstract
Penelitian ini bertujuan untulk mengetahui implementasi media pembelajaran interaktif iSpring Suite yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Mbah Bolong pada mata pelajaran Aswaja. Metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Data penelitian berupa angket kebutuhan dianalisis mengginakan skala Likert, sedangkan hasil lembar pretest dan posttest dianalisis menggunakan perbandingan nilai rata-rata. Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan naiknya nilai rata-rata pretest yang semula hanya 34,00 menjadi 78,67 di posttest. Hasil angket respon peserta didik menunjukkan 74,00% yang masuk kategori layak untuk digunakan. Hubungan positif antara media pembelajaran dan siswi kelas VI SMP Islam Mbah Bolong dibuktikan dari angket kebutuhan yang disebar untuk perancangan desain awal media, setelah Uji t diketahui bahwa nilai nilai Asymp Sig. (2-tailed) adalah 0,000<0,05 yang berarti hipotesis diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Mbah Bolong setelah menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwva implemententasi media pembelajaran iSpring Suite dengan pemanfaatan Microsoft PowerPoint mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Mbah Bolong pada mata pelajaran Aswaja.