Upaya Guru PAI dalam Menerapkan Situasi Belajar Mengajar dengan Metode Kooperatif Tebak Kata di SMA Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32764/allahjah.v5i1.3164Keywords:
Upaya, Guru PAI, Situasi Belajar Mengajar, Metode Kooperatif Tebak Kata.Abstract
Pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning, merupakan istilah umum untuk sekumpulan strategi pembelajaran yang dirancang untuk mendidik kerjasama kelompok dan interaksi antar siswa. SMA Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang, merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan metode kooperatif tebak kata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan situasi belajar mengajar dengan kooperatif tebak kata di SMA Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta pengecekan keabsahan. Informan penelitian ini adalah guru PAI di SMA Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru PAI mengupayakan supaya muridnya menjadi aktif dalam berfikir, murid juga dipegangi buku mata pelajaran supaya murid itu menjawab dengan benar dan tidak mengarang jawabannya. (2) Menggunakan metode ini sangat efektif dan baik, murid jadi memahami materi atau kalimat di dalam bahan ajar dan daya pikir murid lebih terasah.