The Effect of Product Quality, Price, Sales Promotion on Repurchase Interest in the Maternal Disaster Distro Brand in the Instagram Application
DOI:
https://doi.org/10.32764/income.v3i3.4991Keywords:
kualitas produk, harga, promosi penjualan, pembelian ulangAbstract
Aplikasi Instagram merupakan salah satu bentuk pemasaran yang berkembang pesat pada platform media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi penjualan terhadap minat beli ulang pada merek distro maternal disaster pada aplikasi Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap pengguna aplikasi Instagram yang merupakan pengikut akun Instagram maternal disaster dan telah membeli produknya. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada 100 responden. Uji analisis regresi linier berganda digunakan dalam penelitian ini dengan alur uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji-t) dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil pengujian, variabel kualitas produk (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang produk merek distro maternal disaster. Sedangkan hasil pengujian variabel harga (X2) tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli ulang produk merek distro maternal disaster. Sedangkan hasil pengujian variabel promosi penjualan (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang produk merek distro maternal disaster. Secara simultan, hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan promosi penjualan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang pada merek distro maternal disaster. Faktor kualitas produk merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli ulang, diikuti oleh faktor promosi penjualan.