PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BMT RIZQONA TERHADAP MINAT MENABUNG SANTRI PONDOK PESANTREN ALMARDLIYYAH TAMBAKBERAS JOMBANG

Authors

  • Amin Awal Amarudin Universitas KH. A Wahab Hasbullah
  • Ashlihah Ashlihah Universitas KH. A Wahab Hasbullah
  • Andhi Futaya Universitas KH. A Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/izdihar.v5i01.5726

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh kualitas pelayanan BMT Rizqona terhadap minat menabung santri pondok pesantren Al-Mardliyah Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket (kuisoner) dalam bentuk pertanyaan tertutup berupa skala Likert’s kepada 30 responden yang merupakan santri pondok pesantren Al-Mardliyah Tambakberas Jombang. Data dianalisis menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 18. Terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, Uji Homogenitas dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan di BMT Rizqona Tambak beras Jombang, berdasarkan pada data yang diambil dari hasil angket yang telah disebar kepada 30 responden (santri) dapat dikategorikan sangat baik, begitu juga minat menabung santri pondok pesantren Al-Mardliyah Tambakberas Jombang, berdasarkan pada data yang telah diambil dari hasil angket minat menabung santri yang telah disebar kepada 30 responden (santri) dapat dikategorikan baik sehingga terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan BMT Rizqona terhadap minat menabung santri Al-Mardliyah Tambakberas Jombang. 

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Awal Amarudin, A. ., Ashlihah, A., & Futaya, A. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BMT RIZQONA TERHADAP MINAT MENABUNG SANTRI PONDOK PESANTREN ALMARDLIYYAH TAMBAKBERAS JOMBANG. Izdihar: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(01), 14–29. https://doi.org/10.32764/izdihar.v5i01.5726

Issue

Section

Articles