PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KPR

Authors

  • jihan nur laili Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Peni Haryanti Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/izdihar.v4i02.4906

Abstract

Permintaan rumah setiap tahun meningkat sangat pesat yang sebagian besar disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian KPR yaitu harga, kualitas layanan dan produk. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah BTN Syariah KCPS Jombang yang membeli KPR antara tahun 2021-2022. Penentuan sampel memakai purposive sampling yang memperoleh 76 responden. Kuesioner digunakan sebagai pengumpulan data kemudian memakai analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Temuan penelitian menunjukkan hasil bahwa harga dan kualitas layanan secara parsial mempengaruhi keputusan pembelian. Namun, produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan keputusan pembelian KPR dipengaruhi oleh harga, kualitas layanan dan produk. Penelitian ini memiliki implikasi strategis bagi BTN Syariah KCPS Jombang dalam meningkatkan kualitas layanan dan produk serta harga yang terjangkau untuk meningkatkan keputusan pembelian KPR. Hal ini dapat membantu BTN Syariah KCPS Jombang meningkatkan pangsa pasar dan meningkatkan kepuasan nasabah.

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

nur laili, jihan, & Haryanti, P. (2024). PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KPR. Izdihar: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(02), 24–36. https://doi.org/10.32764/izdihar.v4i02.4906

Issue

Section

Articles