STRATEGI PEMASARAN DEPOT BAKSO PAK RIN SIDOARJO DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DITINJAU DARI SYARIAH MARKETING MIX

Authors

  • Della Ika Aviananda Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhammad Ersya Faraby Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.32764/izdihar.v4i01.4659

Abstract

Dalam menjalaankan bisnis diperlukan strategi untuk dapat menjalankan bisnisnya dan bertahan ditengah persaingan dalam dunia bisnis. Salah satu strategi yang harus dipakai suatu perusahaan atau penjual bakso adalah strategi untuk membangun dan meningkatkan konsumen. Industri kuliner saat ini mengalami pertumbuhan yang cepat di Indonesia, terlihat dari intensitas promosi yang kini melibatkan media sosial, televisi, dan internet. Belakangan terjadi peningkatan signifikan dalam komersialisasi informasi kuliner melalui berbagai saluran media, terutama di platform sosial, yang tidak hanya memperkenalkan keanekaragaman budaya, tetapi juga ragam masakan khas suku bangsa di Indonesia. Dalam konteks ini, industri wisata kuliner tumbuh pesat di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di antaranya adalah keberadaan bakso. Karena pada strategi ini memberikan dampak positif sebuah perusahaan, salah satu bentuk mempertahankan loyalitas pelanggan adalah dalam bentuk penggunaan strateginya yang harus dilakukan oleh penjual bakso seperti Produk, Harga, Promosi dan Tepat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan mengenai produk, promosi, harga, dan tempat diharapkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelanggan dan penjual diharapkan mengimplementasikan strategi pemasaran sesuai ketentuan Islam. Dengan pengimplementasian secara Islam, pelanggan akan merasa nyaman dan akan loyal terhadap Depot Bakso Pak Rin. Penerapan 4P Strategi Pemasaran pada Depot Bakso Pak Rin sudah terlaksana dengan baik dengan menerapkan pemasaran Islam atau Syariah Marketing Mix.

Kata Kunci Bauran Pemasaran, Syariah Marketing Mix, Depot Bakso Pak Rin.

 

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Aviananda, D. I., & Faraby, M. E. . (2024). STRATEGI PEMASARAN DEPOT BAKSO PAK RIN SIDOARJO DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DITINJAU DARI SYARIAH MARKETING MIX . Izdihar: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(01), 13–20. https://doi.org/10.32764/izdihar.v4i01.4659

Issue

Section

Articles