PRAKTIK HEDGING DI BANK SYARIAH MANDIRI PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NO 96/IV/2015
DOI:
https://doi.org/10.32764/izdihar.v2i1.2554Keywords:
HEDGINGAbstract
ABSTRACT
In the view of Islam, to achieve the level of satisfaction one must prioritize several things, namely that the goods consumed are halal, both in essence and how to obtain them, are not israf (exaggeration) and tabzir (meaningless). The factors that affect customer satisfaction are service quality and price. This study aims to determine whether there is an effect of service quality and price on customer satisfaction. The object of this research is UNWAHA students who use Gojek services. This study uses data collection techniques, observation, and documentation. The method used in this research is quantitative method with multiple linear regression techniques. The analytical method used is descriptive analysis, classical assumption test, and regression equation test with service quality (X1), price (X2), and customer satisfaction (Y). The results of the study show that together the variables of service quality and price have a significant effect on customer satisfaction of online Gojek transportation for UNWAHA students. Evidenced by the results of the t value 2.983> t table 1.661 and the effect of price on customer satisfaction is the value of t count 7.363> t table 1.661.
Keywords: Service Quality, Price, Customer Satisfaction, and Islamic Economy
ABSTRAK
Dalam pandangan islam, untuk mencapai tingkat kepuasan harus mementingkan beberapa hal, yaitu adalah barang yang dikonsumsi adalah halal, baik secara dzatnya maupun cara memperolehnya, tidak bersifat israf (berlebih-lebihan) dan tabzir (sia-sia). Adapun faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Objek penelitian ini adalah mahasiswa UNWAHA yang menggunakan layanan Gojek. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan teknik regresi linier berganda. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji persamaan regresi dengan kualitas pelayanan (X1), harga (X2), dan Kepuasan Pelanggan (Y). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa secara bersama-sama variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan transportasi online gojek pada mahasiswa UNWAHA. Dibuktikan dari hasil nilai t hitung 2,983 > t tabel 1,661 dan untuk pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan adalah nilai t hitung 7,363 > t tabel 1,661.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, dan Ekonomi Islam