ANALISIS PENJUALAN ES OTIEK JOMBANG DIMASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.32764/izdihar.v1i1.1646Keywords:
Analisis Mekanisme pasar, UMKM, Covid-19Abstract
Kegiatan usaha saat ini sedang mengalami sebuah tantangan yang sangat berat, salah satunya adalah UMKM. Perubahan perilaku dan peraturan pemerintahan membuat penurunan tingkat penjualan UMKM. Untuk tetap mempertahankan dimasa pandemi saat ini UMKM harus mempunyai ide/kreatifitas atau strategi pemasaran yang lebih lagi agar tetap bisa bertahan dan tidak sampai mengalami gulung tikar. Salah satu UMKM di Jombang yang terkena dampak dari covid-19 adalah “es otiek†yang menjual minuman/makanan sehat juga mengalami penurunan penjualan dan juga sampai sempat tutup dikarenakan kebijakan pemerintah untuk dilakukan lockdown. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan oleh “es otiek†dalam mempertahankan bisnisnya dalam masa pandemi ini. Hasil penelitian meringkas bahwasanya promosi serta kampanye yang dilakukan di medsos dan juga secara offline menawarkan produk yang dibuat mampu memperngaruhi untuk meningkatkan daya penjualan