ISTISMAR https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar <p><strong>Istismar</strong> merupakan&nbsp;Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam yang menerima naskah asli di bidang Ekonomi Islam, termasuk laporan penelitian, penerapan teori, studi kritis, dan tinjauan literatur. Penyebaran Ekonomi Islam meliputi : Keuangan Syariah dan Pasar Modal, Perbankan Syariah, Manajemen Bisnis Islam, Kewirausahaan, dan Pariwisata,&nbsp;Akuntansi Syariah, Manajemen Risiko Syariah dan Asuransi Syariah. Jurnal ini telah terdaftar E-ISSN:&nbsp;2655-7568 dan P-ISSN: 2655-7568, terbit dua kali terbitan dalam satu tahun yaitu pada bulan <strong>Juni</strong> dan <strong>Desember</strong>.</p> en-US ashlihah@unwaha.ac.id (Ashlihah) hilyahashoumi@gmail.com (Hilyah Ashoumi) Sat, 29 Jun 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH JIWA ENTREPRENEUR TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DI JOMBANG https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/4683 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh jiwa entrepreneur terhadap pengembangan UMKM di Jombang. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan penyebaran angket dalam bentuk pertanyaan tertutup berupa skala Likert’s kepada 56 Responden yang merupakan para pemilik usaha yang ada di Jombang. Data diolah menggunakan SPSS versi 25. Terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh Jiwa Enterpreneur Terhadap Pengembangan UMKM di Kecamatan Jombang. Yang mana hasil tersebut dapat dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana pada tabel uji T dengan nilai 5,554 &gt; 2,306 dengan nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05. Maka terdapat pengaruh Jiwa Enterpreneur Terhadap Pengembangan UMKM (Ha</em><em>) diterima, dan tidak terdapat pengaruh Jiwa Enterpreneur Terhadap Pengembangan UMKM (Ho) ditolak, atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha</em> <em>diterima.</em></p> Naily El Muna, Tio Budi Prasetyo Copyright (c) 2024 ISTISMAR https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/4683 Sat, 29 Jun 2024 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI MANAJEMEN RESIKO PADA USAHA UMKM Pada TAHU BAROKAH DI KECAMATAN MOJOAGUNG https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/3517 <p><strong>Abstrak : </strong><em>Pelaku usaha terkadang dihadapkan pada resiko penurunan, dan pelemahan kinerja yang mengkibatkan penurunan profit perusahaan akibat ketidakpastian iklim bisnis. Sebagai obyek yang diteliti Perusahaan Tahu Barokah Mojoagung dihadapkan pada resiko kerugian, baik dalam pengelolaan dan penjualan, hal ini berakibat pada kesulitan masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa Implementasi manajemen resiko pada usaha Tahu barokah Mojoagung. Penelitian lapangan in menggunakan pendekatan kualitatif, data autentik diambil secara objektif melalui wawancara, dan observasi kemudian dinalisis dan dibahas dengan bantuan data studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Industri Tahu Barokah memiliki potensi besar di masa depan. Potensi profit masuk dalam kategori baik karena dalam proses pemasaran tidak mengalami kendala yang berarti, bahkan produsen kuwalahan dalam penerimaan pesanan tahu yang berlimpah, karena kapasitas produk yang terbatas. Hanya saha Industri Tahu Barokah belum memprioritaskan analisisis persaingan, marketing, segmentasi pasar, personality dan perlengkapan kantor, dan promosi kurang diperhatikan. </em></p> Yoyok Triwahyuli ananta, Arivatu Ni'mati Rahmatika, Erif Fiantini Aulia Aspiranza Copyright (c) 2024 ISTISMAR https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/3517 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0000 MEMINIMALISIR ASIMETRI INFORMASI MELALUI LAPORAN KEUANGAN (STUDI LITERATUR) https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/4857 <p><strong><em>Abstrak: </em></strong><em>Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui bagaimana cara menimalisir asimetri informasi melalui laporan keuangan. Asimetri informasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan pengambilan Keputusan ekonomi dan mengurangi sfesiensi pasar. Desain penelitian ini adalah studi literatur dengan motede analisis yang digunakan berupa analisis konten. Penelitian ini menganalisi berbagai aspek laporan keuangan yang berkonstribusi dalam mengurangi ketidakpastian informasi, seperti indenpendency auditor, quality audit dan transparency information. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa laporan keuangan yang transparan, akurat dan konsisten berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan dan mengurangi resiko yang terkait asimetri informasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menegaskan pentingnya kebijakan dan praktik akuntansi yang baik dalam menciptakan lingkungan bisnis yang lebih transparan dan adil.</em></p> <p><strong><em>Kata kunci:</em></strong><em> Laporan Keuangan, Asimetri Informasi, Independency Auditor, Quality Audit, Transparency Information.</em></p> Luklu'ul Idzharotun, Arivatu Ni'mati Rahmatika, Bekti Widyaningsih Copyright (c) 2024 ISTISMAR https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/4857 Wed, 05 Jun 2024 00:00:00 +0000 METAFORA UANG DALAM EKONOMI ISLAM : MEMAHAMI MAKNA SIMBOLIS DAN PENGARUHNYA DALAM SISTEM EKONOMI ISLAM https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/3715 <p><strong><em>Abstrak: </em></strong><em>Penelitian ini menganalisis metafora uang dalam konteks ekonomi Islam melalui tinjauan literatur. Pendekatan interdisipliner digunakan untuk memahami makna simbolis dan pengaruhnya dalam sistem ekonomi berbasis prinsip syariah. Melalui pemahaman makna simbolis uang, penelitian ini menyoroti peran metafora tersebut dalam membentuk perilaku dan dinamika ekonomi masyarakat Muslim. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa metafora uang dalam ekonomi Islam memiliki peran penting dalam membentuk persepsi dan perilaku ekonomi individu dan masyarakat. Uang tidak hanya sebagai alat tukar atau penanda nilai, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai spiritual dan etis dalam ekonomi Islam. Metafora ini mendorong penggunaan uang yang bertanggung jawab, transparan, adil, dan berlandaskan prinsip syariah. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang peran simbolis uang dalam ekonomi Islam, yang dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan kebijakan ekonomi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Implikasinya adalah peningkatan kesadaran masyarakat Muslim tentang pentingnya menerapkan nilai-nilai Islam dalam konteks ekonomi, serta kontribusi positif dalam membangun sistem ekonomi yang inklusif, adil, dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip syariah.</em></p> Muhammad Syahrul Hidayat, Muhammad Aswad Copyright (c) 2024 ISTISMAR https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/3715 Wed, 05 Jun 2024 00:00:00 +0000 MENAKAR DAMPAK PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAH DAN MURABAHAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS BANK SYARIAH INDONESIA TAHUN 2019-2023 https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/3827 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nisbah bagi hasil Bank Syariah Indonesia tahun 2019 sampai dengan tahun 2023 akan dipengaruhi oleh pembiayaan&nbsp; <em>mudharabah, musyarakah,</em> dan <em>murabahah</em>. Pendekatan kuantitatif deskriptif regresi linier berganda digunakan dalam penelitian ini. Informasi yang digunakan adalah informasi opsional sebagai laporan keuangan bank syariah Indonesia. yang dapat diakses melalui website Bank Syariah Indonesia (BSI). Studi ini menemukan bahwa rasio <em>mudharabah, musyarakah</em>, dan <em>murabahah</em> dapat menyumbang 42% dari variabel profitabilitas sahring nirlaba. Uji R square (uji parsial) menunjukkan bahwa variabel rasio <em>musyarakah</em> dan <em>murabahah</em> berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas nirlaba syariah, sedangkan variabel <em>mudharabah</em> tidak berpengaruh signifikan. Hal ini karena bank syariah perlu menemukan cara baru untuk mengelola risiko karena pembiayaan <em>mudharabah</em> dianggap berisiko. Sementara itu, <em>pembiayaan musyaraka</em>h dan <em>murabahah</em>&nbsp; memberikan komitmen yang sangat besar terhadap all out pay bank syariah dan sampai taraf tertentu secara fundamental mempengaruhi produktivitas bank syariah Indonesia.</p> Fiqih akbar Copyright (c) 2024 ISTISMAR https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/3827 Wed, 05 Jun 2024 00:00:00 +0000 EFEKTIVITAS PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KPR SUBSIDI DiTENGAH PERSAINGAN PASAR : ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM ISLAM (Studi pada BTN KCPS Jombang) https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/5169 <p><em>This study aims to analyze the effectiveness of promotional strategies in increasing sales of subsidized Home Ownership Credit (KPR) products amidst increasingly competitive market</em> <em>and implementation of marketing strategies in Islam</em><em>. The method used in this study is a qualitative method with a case study approach at one of the banks that offers subsidized KPR products through interviews and direct observation with Customer Financing Officers at BTN KCPS Jombang. The results of the study indicate that promotions carried out through personal selling are effective in attracting potential customers, especially in the low-income segment. However, tight market competition demands continuous innovation in promotional strategies so that subsidized KPR products can remain competitive</em> <em>as well as marketing strategies based on Islam.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> Nurdiana Putri, Peni Haryanti Copyright (c) 2024 ISTISMAR https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/istismar/article/view/5169 Wed, 05 Jun 2024 00:00:00 +0000