ANALISIS KINERJA MINIMARKET ABIMART MALANG BERDASARKAN BALANCED SCORECARD DAN SHARIAH COMPLIANCE

  • Dwi Ismawati Ariani Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah
  • Arivatu Ni'mati Rahmatika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Minimarket, Abimart, Balanced Scorecard, Shariah Compliance, Ekonomi Syariah

Abstract

 

ABSTRAK

Ariani, Dwi Ismawati. 2018. Analisis Kinerja Minimarket Abimart Malang berdasarkan Balanced Scorecard dan Shariah Compliance. Program Studi. Ekonomi Syariah. Fakultas Agama Islam. Universitas KH. Abd. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang. Pembimbing Arivatu Ni’mati Rahmatika. Kholis Firmanasyah

Kata kunci : Kinerja, Balanced Scorecard, Shariah Compliance

Balanced scorecard merupakan sistem pengukuran kinerja yang berfokus pada empat perspektif yaitu, perspektif keuangan, pelanggan, pembelajaran dan pertumbuhan karyawan, serta proses bisnis internal guna mengetahui kinerja suatu perusahaan. Sedangkan shariah complianced yaitu kepatuhan shariah.

            Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. data yang diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen selanjutnya selanjutnya dianalisis dengan metode balanced scorecard dengan empat perspektif tersebut dan juga melakukan analisis shariah compliance dengan acuan fatwa DSN MUI nomor 75/DSN/MUI/VII/2009.

            Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dilihat dari empat perspektif menggunakan metode balanced scorecard minimarket abimart cukup baik. Adapun kendala yang dialami minimarket karena belum lama berdirinya minimarket jadi sampai sekarang masih butuh banyak pembelajaran lagi. Dan untuk analisis shariah compliance sudah hampir semuanya sesuai syariah. Namun hanya saja minimarket belum bisa dikatakan minimarket berbasis syariah karena belum ada tanda bukti tertulis, jadi selama ini masih lisan perorangan saja. 

Published
2021-12-29
Section
Articles