STRATEGI PEMASARAN PRODUK ARRUM HAJI DI PEGADAIAN SYARIAH JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32764/istismar.v3i2.794Keywords:
strategi Pemasaran, Arrum HajiAbstract
Seiring dengan berkembangnya zaman dan kebutuhan masyarakat, pegadaian syariah berkembang dengan mengeluarkan produk-produk baru yang dapat bersaing dengan lembaga keuangan syariah lainnya, salah satu produknya adalah produk arrum haji. Produk arrum haji adalah produk yang memberikan layanan bagi para nasabah yang mengalami kesulitan dalam hal pembiayaan pergi haji. Penulis tertarik melakukan penelitian ini karena jumlah nasabah pada produk arrum haji di pegadaian syariah Jombang yang masih sangat sedikit. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat analisis isi kualitatif dengan menggunakan dengan menggunakan data primer dan sekunder, selain itu metode pengumpulan data penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian strategi pemasaran yang dilakukan oleh pegadaian syariah Jombang menggunakan strategi-strategi yang terdiri dari komponen bauran pemasaran yaitu Produk, Harga, Tempat, Promosi. Strategi pemasaran pada produk ditunjukkan dengan produk unggulan yaitu produk arrum haji. Penerapan harga yang menyesuaikan dengan kemampuan nasabah. Strategi tempat dilakukan dengan memilih lokasi yang terjangkau bagi nasabah dan calon nasabah. Sementara, strategi promosi yang dilakukan adalah meluruskan niat, jemput bola, pelayanan yang baik, memperluas jaringan kerjasama dan periklanan seperti penyebaran brosur. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pegadaian syariah Jombang sudah sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip perspektif islam yaitu Adl dan Takaful.