PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PRODUK HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Anggun Safira Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Peni Haryanti Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuieng, Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/istismar.v8i1.5916

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religiusitas dan pengetahuan halal terhadap keputusan pembelian dengan sertifikasi halal sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang dikumpulkan melalui kuesioner kepada 100 mahasiswa aktif UNHASY dengan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM), yang didukung oleh SmartPLS application versi 3.0. Serta menggunakan model pengujian outer dan inner model. Hasil penelitian ini menunjukkan religiusitas tidak berpengaruh terhadap produk tersertifikasi halal, Namun, pengetahuan produk halal berpengaruh terhadap produk tersertifikasi halal. Produk tersertifikat halal juga memengaruhi keputusan pembelian secara langsung. Produk tersertifikasi halal tidak bisa menjadi perantara religiusitas terhadap keputusan pembelian. Tetapi produk tersertifikat halal mampu memediasi pengetahuan produk halal terhadap keputusan pembelian.

Abstract: This study uses halal certification as a mediator to investigate how religiosity and halal knowledge affect purchase decisions. This study employs a quantitative approach, gathering data from 100 current UNHASY students who meet specific requirements via a questionnaire. The SmartPLS application version 3.0 supports the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) analysis used in this work. as well as evaluating the inner and outside models. The study's findings show that while halal product knowledge has an impact on halal-certified items, religiosity has no effect on them. Purchase decisions are also directly impacted by halal-certified goods. Products with halal certification cannot influence religious beliefs when making judgments about what to buy. However, halal-certified goods can influence consumers' decisions to buy by mediating halal product information.

Author Biography

Peni Haryanti, Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuieng, Jombang

Ibu Peni Haryanti, S.Sy., M.Sy. selaku Ketua Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang.

Downloads

Published

2025-06-05

Issue

Section

Articles