PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN TENTANG SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN MIE YAMIN ALNAMIRA DI JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32764/istismar.v8i1.5817Abstract
Pengaruh pengetahuan konsumen tentang sertifikat halal terhadap peningkatan penjualan mie yamin alnamira di Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket (kuisoner) dalam bentuk pertanyaan tertutup berupa Skala Likert's kepada 100 responden yang merupakan pemilik dan konsumen mie yamin alnamira di jombang. Data dianalisis menggunakan Statistical Package for the Sosial Sciences (SPSS) versi 25. Terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji Multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas dan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan konsumen tentang sertifikat halal terhadap peningkatan penjualan mie yamin alnamira di jombang. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana pada tabel uji T dengan nilai 17,117 > 2,276 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka terdapat pengaruh pengetahuan positif konsumen tentang sertifikat haal terhadap peningkatan penjualan mie yamin alnamira di jombang (H 1 ) diterima , dan tidak terdapat pengaruh pengetahuan positif konsumen tentang sertifikat haal terhadap peningkatan penjualan mie yamin alnamira di jombang (H 0 ) ditolak , atau dengan kata lain H 0 ditolak dan H 1 diterima .





