PENGARUH MANAJEMEN PEMASARAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH DI KSPPS BMT PETA JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32764/istismar.v3i02.3582Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian adalah seluruh nasabah di BMT PETA Cabang Jombang, yang kemudian diambil sampel sebanyak 365 Responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan samling menggunakan probability sampling dengan metode random sampling, karena pengambilan semua populasi yaitu nasabah di BMT PETA Cabang Jombang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi responden. Data diambil menggunakan kuisioner. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan SPSS Versi 20. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen pemasaran syariah, etika pemasaran syariah, dan strategi pemasaran syariah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung nasabah di BMT PETA Cabang Jombang. Dan secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan juga terhadap minat menabung nasabah di BMT PETA Cabang Jombang.
Kata Kunci: Manajemen pemasaran syariah, etika pemasaran syariah, minat menabung nasabah
Abstract: This research is a quantitative study, with the population in the study being all customers at BMT PETA Jombang Branch, which was then taken as a sample of 365 respondents using the slovin formula. The sampling technique uses probability sampling with the random sampling method, because all populations, namely customers at BMT PETA Jombang Branch, have the same opportunity to become respondents. Data is taken using a questionnaire. The analysis used was multiple linear regression with SPSS Version 20. The results showed that Islamic marketing management, Islamic marketing ethics, and Islamic marketing strategies had a significant influence on customers' interest in saving at BMT PETA Jombang Branch. And simultaneously has a significant influence on the interest in saving customers at BMT PETA Jombang Branch.
Keywords: Islamic marketing management, Islamic marketing ethics, customer's interest in saving