ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN KREDIT (MURABAHAH) BANK SYARIAH DI INDONESIA

Authors

  • Kamelia Evi Kusuma Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Naily Elmuna Universitas KH. A Wahab Hasbullah
  • Ashlihah Universitas KH. A Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/istismar.v3i02.3474

Abstract

Abstrak: Salah satu Bank Syariah didirikan bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan prinsip-prinsip Islam atau prinsip syariah kedalam tradisi transaksi keuangan perbankan dan bisnis-bisnis lainya yang berkaitan dengan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan kredit pada bank syariah di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode kualitattif denga pendekatan literatur, Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan studi literatur. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa permintaan kredit (Murabahah) pada bank Syariah di Indonesia diantaranya yaitu: 1. Pelayanan, 2. Faktor keinginan nasabah, 3. Biaya-biaya, 4. Dengan syariat islam Data peelitian ini digunakan untuk mengamati faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dari permintaan kredit (murabahah) di perbankan syariah di Indonesia.

Kata Kunci : Permintaan, Akad Murabahah, dan Perbankan syariah Indoensia.

 

Abstract: One of the Islamic Banks established aims to promote and develop Islamic principles or sharia principles into the tradition of banking financial transactions and other businesses related to finance. The purpose of this study is to analyze how the factors that influence the demand for credit in Islamic banks in Indonesia. The method used is a qualitative method with a literature approach. The data source used is secondary data from literature studies. The results of the study show that the demand for credit (Murabahah) at Islamic banks in Indonesia includes: 1. Service, 2. Consumer taste factors, 3. Costs, 4. With Islamic Shari'a. Research data is used to observe what factors are affect the demand for credit (murabaha) in Islamic banking in Indonesia.

Keywords: Demand, Murabahah, and Indonesian Islamic Banking.

Downloads

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles