PENGARUH ISLAMIC ATTRIBUTE TERHADAP TERHADAP KEPUASAN, KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG WISATA RELIGI DI MAKAM MBAH SAYYID SULAIMAN
DOI:
https://doi.org/10.32764/istismar.v3i02.3412Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh islamic attribute terhadap kepuasan, kepercayaan dan loyalitas pengunjung wisata religi di Makam Mbah Sayyid Sulaiman Jombang. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Islamic Attribute terhadap kepuasan, kepercayaan dan loyalitas khususnya bagi pengunjung wisata religi di Makam Mbah Sayyid Sulaiman. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh variabel Islamic Attribute (X) terhadap Kepuasan (Y1), Kepercayaan (Y2) dan Loyalitas (Y3). Di dalam penelitian ini data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan penyebaran angket jenis skala likert kepada 90 responden yang merupakan pengunjung wisata religi di Makam Mbah Sayyid Sulaiman. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang didapat dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survey. Analisis kuantitatif yang digunakan diantaranya yaitu uji validitas dan uji normalitas. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana yang mana berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Dari hasil analisis tersebut didapatkan bahwasannya variabel independen berpengaruh positif terhadap ketiga variabel dependen.