EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope <p><strong>EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan </strong><strong>Teknologi </strong>diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan &nbsp;Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Jurnal Eduscope memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi dari hasil penelitian dan kajian para peneliti Indonesia yang sesuai dengan pengembangan pendidikan, pembelajaran, serta teknologi. EDUSCOPE juga memuat artikel-artikel yang membahas teori, penemuan dasar, dan juga aplikasi ilmu yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan, pembelajaran, dan teknologi di segala tingkatan. Jurnal EDUSCOPE akan diterbitkan 2 kali selama 1 tahun atau 1 volume selama 1 tahun yaitu bulan Juli dan Januari. <em>p-</em><em>ISSN :2460-4844</em><em>&nbsp;e-ISSN : 2502-3985</em></p> en-US yospapea@gmail.com (Ospa Pea Yuanita Meishanti) agus.syifa85@gmail.com (Agus Sifaunajah) Wed, 06 Feb 2019 00:00:00 +0000 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMK SATRIA BHAKTI NGANJUK https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1082 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The purpose of this study was to determine the feasibility of a module based on a scientific approach. This type of research is development research with a four-D development model. The sample is class XI SMK Satria Bhakti Nganjuk. The data was collected using a validation test questionnaire and a student response test questionnaire. Based on the results of the research through the validation test, the results of the module product validation were based on the scientific approach with a score of 3.68 or in the very feasible category covering material aspects (3.65), design (3.70), and pedagogy (3.69). The student response test to the scientific approach module shows that this module is in great demand by students because it can motivate students to learn and discuss with friends. Furthermore, this research is expected to take advantage of modules based on a scientific approach in learning and can help students learn independently.</em></p> <p><strong><em>KEYWORDS</em></strong><em>: developmnet, modules, scientific approach, trigonometry</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>ABSTRAK</em></strong></p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul berbasis pendekatan sainstifik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan four-D. Sampelnya adalah kelas XI SMK Satria Bhakti Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket uji validasi dan angket uji respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian melalui uji validasi diperoleh hasil validasi produk modul berbasis pendekatan saintifik dengan skor 3,68 atau pada kategori sangat layak mencakup aspek materi (3,65), desain (3,70), dan pedagogik (3,69). Uji respon siswa terhadap modul pendekatan saintifik menunjukkan bahwa modul ini sangat diminati oleh siswa karena dapat memotivasi siswa dalam belajar dan berdiskusi dengan teman. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan dapat memanfaatkan modul berbasis pendekatan sainstifik didalam pembelajaran serta dapat membantu siswa untuk belajar mandiri.</p> <p><strong>KATA</strong> <strong>KUNCI: </strong>pengembangan, modul, pendekatan sainstifik, trigonometri</p> ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1082 Thu, 04 Feb 2021 16:13:34 +0000 MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATERI DESCRIPTIVE TEXT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 3 JOMBANG https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1116 <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p><em>This study aims to describe the effect of the Cooperative Learning Learning Model on student learning outcomes in learning English Descriptive Text material in class X MAN 3 Jombang. This study uses an experimental method with the One-Group Pretest-Posttest design. A pretest is done before the teaching and learning process using treatment in the form of the Cooperative script learning model, while the posttest is done afterward. The results of this study indicate that students' scores have improved after 48 students (96%) have successfully completed tests while 2 students have not. The response of the students was very good because they were enthusiastic in the teaching and learning process and the understanding of Descriptive Text material greatly improved.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Learning Outcomes, Descriptive Text, Cooperative learning</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris materi Descriptive Text di kelas X MAN 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain <em>One-Group Pretest-Posttest</em>. Pretest dilakukan sebelum proses belajar mengajar menggunakan Model pembelajaran <em>c</em><em>ooperative script</em>, sedangkan posttest dilakukan setelah menerapkan model pembelajaran <em>cooperative script</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor siswa meningkat setelah melakukan postest sebanyak 48 siswa 96 % berhasil dengan tuntas sedangkan 2 siswa tidak tuntas. Respon para siswa baik sekali karena mereka antusias dalam proses belajar mengajar dan pemahaman tentang materi Descriptive Text sangat meningkat.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>Hasil Belajar, Descriptive Text, Cooperative learning</p> ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1116 Tue, 30 Mar 2021 06:12:35 +0000 THE CORRELATION BETWEEN COGNITIVE STRATEGIES AND STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF ELEVENTH GRADE AT SMK NEGERI 2 NGANJUK https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1117 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The purpose of this study is to know whether or not there is significant correlation between cognitive strategies and students’ reading comprehension of the eleventh grade students.</em> <em>This research design is quantitative which is used to investigate the correlation between cognitive strategies and students’ reading comprehension of the eleventh grade of SMK Negeri 2 Nganjuk. The sample is class 11 KU 1 consisting of 32 students. </em><em>Data was collected by using two kinds of instrument, reading test and questionnaire.</em> <em>Based on the result of this research, it is found that the use of cognitive strategies influence the reading comprehension of the eleventh grade students. </em><em>It is also supported by the result of the data which has been computed by the formula of Pearson Product Moment that the score of </em><strong><em>rx</em></strong><strong><em>y </em></strong><em>(0,1678) is higher</em><em> than </em><strong><em>rxy</em></strong><em>–table in significant 1% (0,449) and 5% (0,349). Finally, the writer concludes that t</em><em>here is significant correlation between students’ cognitive strategies and students’ reading comprehension. Cognitive strategies give significant influence for students’ reading comprehension. </em><em>Furthermore, It is hoped that this research will be useful for the English teacher in guiding the students about how to use cognitive strategies in reading.</em></p> <p><strong><em>KEYWORDS</em></strong><em>: Correlation, Cognitive Strategies and Reading Comprehension</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>ABSTRAK</em></strong></p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara strategi kognitif dan pemahaman membaca siswa kelas sebelas. Desain penelitian ini adalah kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara strategi kognitif dan pemahaman membaca siswa kelas sebelas SMK Negeri 2 Nganjuk. Sampelnya adalah kelas 11 KU 1 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua jenis instrumen, tes membaca dan angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan strategi kognitif mempengaruhi pemahaman membaca siswa kelas sebelas. Hal ini juga didukung oleh hasil data yang telah dihitung dengan rumus Product Moment dari Pearson bahwa nilai rxy (0,1678) lebih tinggi dari rxy – tabel pada signifikansi 1% (0,449) dan 5% (0,349). . Akhirnya, penulis menyimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara strategi kognitif siswa dan pemahaman bacaan siswa. Strategi kognitif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman bacaan siswa. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru bahasa Inggris dalam membimbing siswa tentang bagaimana menggunakan strategi kognitif dalam membaca.</p> <p><strong>KATA</strong> <strong>KUNCI: </strong>Korelasi, Strategi Kognitif dan Pemahaman Membaca</p> REZA OKTAVIANTI ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1117 Thu, 31 Jan 2019 00:00:00 +0000 MEDIA BERBASIS VIDIO UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI REPLIKASI VIRUS https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1118 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to: 1) determine cognitive learning outcomes by applying video-based media viral replication material in class X MAN 1 Jombang. This research is an experimental, research design used by Pre-Experimental Design with the One-Group Pretest-Posttest Design design model. The subject in this study were all 35 students of grade X MIPA 1. Sampling is done by simple random sampling technique. The variables of this study are the Application of Video-Based Media (independent variable) and Student Cognitive Learning Outcomes (Bound Variable). The instruments and data collection techniques used were tests to observe cognitive learning outcomes. Data collection methods used are tests, while data are analyzed by looking at the average learning outcomes of the pretest and posttest. The results of this study look at the increase in the average of the results of the pretest and posttest shows that the students of the study sample increased by 7,514 with an average pretest of 76.2 to 83,714 on the average posttest. The conclusion of this study is the application of video-based media on virus replication material can improve student cognitive learning outcomes.</em><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>KEYWORDS:</em></strong><em> Video-Based Media on Virus Replication Material, Cognitive Learning Outcomes, MAN 1 Jombang</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Proses pembelajaran biologi seringkali dirasakan oleh siswa kurang menarik dikarenakan guru kurang kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga dibutuhkan peran serta guru dalam meningkatkan interaksi dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan media berbasis video, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dengan menerapkan media berbasis vidio materi replikasi virus pada siswa kelas X MAN 1 Jombang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, desain penelitian yang digunakan <em>Pre-Experimental Design</em> dengan model desain <em>One-Group Pretest</em> <em>Posttest</em> <em>Design</em>. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 1 sejumlah 35 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik <em>simple random sampling</em>. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar materi replikasi virus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, sedangkan data dianalisis dengan melihat rata-rata hasil belajar dari <em>pretest </em>dan <em>posttest</em>. Hasil penelitian ini terlihat pada peningkatan rata-rata dari hasil <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata <em>pretest</em> 76,20 menjadi 83,71 pada rata-rata <em>posttest.</em> Kesimpulan penelitian ini adalah media berbasis vidio pada materi replikasi virus dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.</p> <p><strong>KATA KUNCI :</strong> media berbasis vidio, materi replikasi virus, hasil belajar kognitif, MAN 1 Jombang</p> Ospa Pea Yuanita Meishanti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1118 Tue, 30 Mar 2021 06:36:25 +0000 MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1119 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Many grade X students are still not active in following the mathematics learning process and there are still many students who do not do the assignments seriously. They tend to ignore the tasks given by forgetting or not being able to do it. This research was conducted aiming to increase the activeness of students in doing math assignments using problem-based learning models in class X MIA students in MA Mambaul Ulum Megaluh. This research is a Classroom Action Research (CAR) which has two cycles, data collection is done using student worksheets. The results of the study will show the activeness of student learning in mathematics based on data obtained from student worksheets. The results showed an increase in the learning activeness of class X students, so that the problem-based learning model can be used to increase student learning activeness in mathematics class X MIA MA Mambaul Ulum Megaluh.</em></p> <p><strong><em>KEYWORDS</em></strong><em>: Problem Based Learning, Active, Mathematics</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Banyak siswa kelas X yang masih belum aktif dalam mengikuti proses pembelajaran matematika dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh.&nbsp; Mereka cenderung mengabaikan tugas yang diberikan dengan lupa atau tidak bisa mengerjakan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X MIA di MA Mambaul Ulum Megaluh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang memiliki dua siklus, pengambilan data dilakukan menggunakan lembar kerja siswa. Hasil penelitian akan menunjukkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika berdasarkan data yang diperoleh dari lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa kelas X, sehingga Model pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X MIA MA Mambaul Ulum Megaluh.</p> <p><strong>KATA KUNCI</strong> : Pembelajaran Berbasis Masalah, Keaktifan, Matematika</p> Muhammad Farid Nasrulloh ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1119 Tue, 30 Mar 2021 06:42:31 +0000