Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i2.448Abstract
ABSTRACT
This research is motivated by the fact obtained by researchers when conducting Field Experience Practices (PPL) conducted at MA Mambaul Ulum Megaluh Academic Year 2019/2020. Many grade X students are still not active in following the mathematics learning process and there are still many students who do not do the assignments seriously. They tend to ignore the tasks given by forgetting or not being able to do it. This research was conducted aiming to increase the activeness of students in doing math assignments using problem-based learning models in class X MIA students in MA Mambaul Ulum Megaluh. This research is a Classroom Action Research (CAR) which has two cycles, data collection is done using student worksheets. The results of the study will show the activeness of student learning in mathematics based on data obtained from student worksheets. The results showed an increase in the learning activeness of class X students, so that the problem-based learning model can be used to increase student learning activeness in mathematics class X MIA MA Mambaul Ulum Megaluh Academic Year 2019/2020.
Keywords: Problem Based Learning, Active, Mathematics
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang didapat oleh peneliti saat melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di MA Mambaul Ulum Megaluh Tahun Ajaran 2019/2020. Banyak siswa kelas X yang masih belum aktif dalam mengikuti proses pembelajaran matematika dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh. Mereka cenderung mengabaikan tugas yang diberikan dengan lupa atau tidak bisa mengerjakan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X MIA di MA Mambaul Ulum Megaluh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang memiliki dua siklus, pengambilan data dilakukan menggunakan lembar kerja siswa. Hasil penelitian akan menunjukkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika berdasarkan data yang diperoleh dari lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa kelas X, sehingga Model pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X MIA MA Mambaul Ulum Megaluh Tahun Ajaran 2019/2020
Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Keaktifan, Matematika