PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DI SMA PGRI 1 KELAS XI IPA 1 MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

  • Sakhowati Sakhowati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Flipbook yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan didalam kelas XI IPA 1 di SMA PGRI 1 Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mangacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini memiliki keterbatasan yang hanya dilakukan 4 tahap saja karena keterbatasan waktu yang dilakukan. Hasil uji kelayakan Flipbook dilakukan oleh para ahli materi yang memperoleh rata-rata penilaian 3,0 dengan kategori baik. Hasil uji ahli media memperoleh rata-rata penilaian 3,7 dengan kategori sangat baik. Respon peserta didik terhadap Flipbook yang sudah dilihat dan dipelajari dalam proses pembelajaran memperoleh hasil rata-rata penilaian 68 % dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan Flipbook mendapatkan respon baik dari peserta didik. Media pembelajaran Flipbook dapat meningkatkan hasilĀ  belajar peserta didik. Harapan dimasa mendatang media ini dapat dikembangkan secara luas dengan karakter sekolah yang berbeda.

Published
2020-09-14
How to Cite
Sakhowati, S. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DI SMA PGRI 1 KELAS XI IPA 1 MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(1), 46-52. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/418

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.