PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL AHMAD BANJARDOWO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Risma Yoga Noviana Universitas Hasyim Asy'ari
  • Dr. Hj. Asriana Kibtiyah Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i1.2378

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah adalah prioritas utama pada penelitian ini, karena kepala madrasah merupakan ujung tombak sebuah instansi pendidikan. baik buruknya kualitas sebuah madrasah tergantung dari baik buruknya kepemimpinan kepala madrasah. Kepala madrasah diharapkan menjadi pemimpin dan innovator di madrasah. Kaitannya dengan kinerja guru, tingkat profesionalisme seorang guru dipengaruhi oleh factor dari dalam diri guru itu sendiri yaitu bgaaimana guru bersikap terhadap pekerjaan yang diemban. Sedangkan faktoe luar berpengaruh terhadap profesionalisme seorang guru yaitu kepemimpinan kepala madrasah, karena kepala madrasah merupakan pimpinan guru di madrasah. Adapun penelitian ini merupakan desain non eksperimental dengan memakai strategi penelitian expost facto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala madrasah, sedangkan variabel terikatnya, kinerja guru. Berangkat dari uraian diatas, penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul ahmad Banjardowo Jombang tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan penelitian, penulis berkesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ahmad dengan kontribusi sebesar 75, 6%, sedangkan sisanya 24,4 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2022-08-04

How to Cite

Noviana, R. Y., & Kibtiyah, D. H. A. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL AHMAD BANJARDOWO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 8(1), 14–22. https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i1.2378