UPAYA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 PETERONGAN JOMBANG
Abstract
Dalam kehidupan manusia pendidikan merupakan faktor yang sangat esensial, karena pendidikan disini adalah proses sosialisasi yakni manusia harus mampu menterjemahkan konsep pendidikan dalam realitas kehidupan untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut dibutuhkan adanya lembaga pendidikan yang respek terhadap persoalan dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Permasalahan di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang adalah keberadaan Pendidikan Agama Islam belum banyak mengubah keadaan karena terjadinya sistem dikotomi pendidikan, pelajaran umum yang menomorduakan Pendidikan Agama Islam, sehingga guru agama kehilangan nyali untuk terus mengembangkan strategi Pendidikan Agama Islam. Dari permasalahan tersebut, maka tujuan pembahasan ini adalah tentang upaya yang dilakukan sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. Metode penelitian yang di gunakan dalam peneliti ini adalah metode penelitian kualitatif, studi kasus. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa Guru SMP Negeri 3 Peterongan, Jombang konsen pada pembelajaran PAI. Terbukti dengan berbagai upaya yang dilakukan demi berhasilnya strategi sekolah dalam peningkatan pembelajaran PAI di sekolahan umum secara makro, dengan melakukan strategi-strategi khusus yang jitu antara lain: penyampaian pelajaran PAI secara integral, mengadakan latihan-latihan berupa kegiatan ekstra kurikuler, serta mengadakan evaluasi bersama setelah pembelajaran menjadikan siswa mudah dalam memahami pelajaran PAI serta dpat meminimalisisr bahkan terhapusnya dikotomi pendidikan disekolah.
Kata Kunci: Upaya sekolah, Pengembangan Pembelajaran PAI.