URGENSI NILAI-NILAI TAWASSUṬ DI SD DAN HOMESCHOOLING DALAM MEMBENTUK GENERASI MUSLIM YANG MODERAT
Abstract
Tulisan ini merupakan kajian tentang pentingnya nilaitawassuá¹ dalam pembentukan karakter. Pada hakikatnya pembentukan karakter generasi unggul dapat dimulai sejak dini pada anak-anak. Sikap toleransi, moderat, dan bijak perlu ditanamkan di pendidikan tingkat dasar baik SD atau homeschooling. Hal itu yang mendasari peneliti tertarik untuk mendeskripsikan pentingnya internalisasi nilai-nilai tawassuá¹ dalam pendidikan tingkat dasar. Baik dalam proses pembelajaran, peraturan, faktor pendukung, dan penghambatnya. Penelitian ini fokus pada sekolah dasar di Jepara dan Homeschooling Semarang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan nilai-nilai tawassuá¹ secara teoritis sudah ada pada pembelajaran SD dan Homeschooling. Akan tetapi secara aplikatif lebih dominan terdapat pada lembaga pendidikan inklusi, seperti SD Semai Jepara dan homeschooling. Nilai-nilai tawassuá¹ menjadi hal penting dikenalkan pada anak. Hal itu karena pengalaman dari pendidikan tingkat dasar menjadi bagian faktor yang berpengaruh pada pembentukan karakter saat usia remaja.
Kata kunci: Tawassuá¹, pendidikan dasar, moderat