ANALISIS SIKAP KONSUMEN DALAM MEMBELI JENANG SALAK MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIATRIBUT FISBEHIN

Authors

  • Siti Nur Qomariyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Eki Tri Yulianto Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/agrosaintifika.v2i2.880

Keywords:

Buah salak, Atribut Produk, Sikap, Metode multiatribut Fishbein

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara beriklim tropis yang kaya akan buah-buahan tropika. Salah satu jenis buah tropis yang banyak di Indonesia adalah buah salak. Namun buah salak juga mempunyai hambatan dalam proses pasca panen. Permasalahan yang dihadapi petani yaitu pada saat panen tiba maka harga buah salak akan menurun. Dalam hal ini, UD. Halwa Indoraya sebagai salah satu retailer yang menyediakan berbagai olahan dari bahan baku salak. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen jenang salak (2) Mengkaji proses keputusan pembelian jenang salak dan (3) Menganalisis atribut-atribut yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian jenang salak. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh konsumen jenang salak. Data sekunder diperoleh dari buku, internet dan studi literatur yang relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling (accidental sampling) dan rumus Wibisono untuk menentukan jumlah responden yang berjumlah 100 responden. Berdasarkan hasil analisis multiatribut fishbein, atribut kemasan dan kualitas jenang salak mendapatkan nilai tertinggi pada tingkat kepentingan maupun kepercayaan konsumen. Nilai sikap konsumen keseluruhan 108,03, nilai ini terletak pada rentang kategori baik (99 - 119). Hal ini disebabkan kemasan jenang salak yang menarik dan kualitas jenang salak yang baik dimata konsumen.

Downloads

Published

2020-09-20

Issue

Section

Articles