Pelatihan Pengolahan Kulit Buah dan Sayuran menjadi Eco Enzyme sebagai Bahan Pembersih Peralatan Rumah Tangga

Authors

  • Ika Rahmatin Nahdia Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Robithotul Ummah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Muhammad Kris Yuan Hidayatulloh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah https://orcid.org/0000-0003-4469-2849
  • Irvan Naufal Ariq Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ihdina Auliya Husna Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Keywords:

Eco Enzym; Limbah; pelatihan; Pemanfaatan; Kulit Buah; Sayur

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat yang akan disampaikan melalui pelatihan pembuatan Eco Enzyme yaitu meliputi: (1) meningkatkan pemanfaatan limbah dapur organik sisa sayur dan kulit buah.; dan (2) meningkatkan Inovasi Sebagai dasar pembuatan Produk baru. Meningkatkan dan mengembangkan inovasi ibu rumah tangga untuk pemanfaatan limbah dapur sebagai Eco Enzyme cairan pembersih rumah tangga setelah pelatihan ini.

Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode Service Learning (SL) Kegiatan ini dilakukan melalui pendekatan kepada masyarakat umum di desa Kedungotok Tembalang Jombang. Khalayak sasaran pada kegiatan ini adalah Ibu-Ibu PKK Kedungotok. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Desa Kedungotok dengan jumlah peserta sekitar 30 orang. Pada kegiatan ini menggunakan narasumber dan instruktur dari Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Fakultas Pertanian yang berpengalaman dan telah menguasai materi di bidang pertanian.

Respon mitra dari pelatihan tersebut menunjukkan bahwa peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi pelatihan yang dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan adanya angket respon peserta yang menyatakan 95% peserta faham dengan pelatihan Eco Enzym. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi: (1) kegiatan sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang sampah organik bagi kenyamanan  lingkungan; dan (2) meningkatkan inovasi masyarakat tentang pengolahan limbah organik sayur dan buah. Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat mendapat respon dan antusias yang sangat baik dari mitra dengan salah satu bukti dari hasil angket respon yang telah dijelaskan.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Nahdia, I. R. ., Ummah, R., Hidayatulloh, M. K. Y., Ariq, I. N. ., & Husna, I. A. . (2022). Pelatihan Pengolahan Kulit Buah dan Sayuran menjadi Eco Enzyme sebagai Bahan Pembersih Peralatan Rumah Tangga. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 111–118. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimasper/article/view/3218

Issue

Section

Articles