Pupuk Cair Pembuatan Mol dan Pupuk Organik Cair

Pembuatan Pupuk Cair MOL

Authors

  • Mohammad Saat Ibnu Waqfin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Viki Rahmatullah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nada Fahril Imami Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Mohammad Suud Wahyudi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasper.v3i1.2123

Keywords:

Pupuk; Pupuk Organik Cair

Abstract

Secara geografis Desa Kepuhdoko Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang terdiri dari 5 Dusun yaitu Dusun Kepuh, Dusun Semaden Dusun Doko, Dusun Kepuhgisik, dan Dusun Sumberejo Untuk batas sebelah utara Desa adalah sungai berantas, batas sebelah selatan Desa Pulogedang, batas sebelah timur Desa Gumulan ( Kecamatan Kesamben), sedangkan batas sebelah barat Desa Pulogedang. Luas wilayah Desa Kepuhdoko adalah 193 Ha dengan luas tanah pemukiman penduduk 45 Ha, luas tanah sawah 79 Ha dan luas tanah tegal 69 Ha.

Dengan area lahan pertanian yang cukup luas sektor pertanian  menjadi basis perekonomian masyarakat Desa Kepuhdoko sehingga banyak sekali permasalahan yang ada dalam sektor pertanian di Desa Kepuhdoko salah satunya adalah mahalnya harga pupuk non subsidi serta langkanya pupuk yang bersubsidi. Dari permasalahan tersebut kami memberikan solusi dengan membuat MOL dan pupuk organik sebagai alternatif untuk mengatasi masalah kelangkaan pupuk dan mahalnya harga pupuk.

Petani Desa Kepuhdoko mengeluhkan harga pupuk non subsidi yang semakin mahal dan langnkanya pupuk yang bersubsidi sehingga berpengaruh pada hasil produksi pertanian di Desa Kepuhdoko, oleh karena itu kami mecoba memberikan solusi dengan memberdayakan petani Desa Kepuhdoko untuk membuat MOL dan pupuk organik agar petani bisa membuat pupuk organik sendiri dengan memanfaatkan  bahan - bahan yang ada di lingkungan sekitar. Dengan demikian petani Desa Kepuhdoko lebih kreatif dan mandiri tidak selalu mengandalkan suplai pupuk dari pemerintah selain itu petani akan lebih hemat dari biaya operasional dan hasil produksi yang tak kalah memuaskan.

Downloads

Published

2022-04-10

How to Cite

Waqfin, M. S. I., Rahmatullah, V., Imami, N. F., & Wahyudi, M. S. (2022). Pupuk Cair Pembuatan Mol dan Pupuk Organik Cair: Pembuatan Pupuk Cair MOL. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 25–28. https://doi.org/10.32764/abdimasper.v3i1.2123

Issue

Section

Articles