Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Pestisida Nabati sebagai Solusi Pegendalian Hama Tanaman

  • Nosma Firdaus Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Arga Aji Pradana Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • muhammad Kris Yuan Hidayatulloh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Robithotul Ummah Universitas Brawijaya
Keywords: Pemanfaatan, lahan, pertanian, pestisida, organik

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan dan pemahaman terhadap penggunaan pestisida nabati oleh warga bandar kedungmulyo; (2) meningkatkan dan mengembangkan kemampuan warga dalam menggunakan pestisida nabati; dan (3) membantu peningkatan kemampuan warga untuk membuat pestisda nabati secara mandiri di rumah.

Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode Seminar, diskusi, dan workshop (pelatihan). Metode seminar dan diskusi dilaksanakan pada kegiatan sosialisasi pembelajaran pemanfaatan lahan pekarangan dan pengenalan pembuatan dan penggunaan peptisida organik. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode workshop melalui bentuk sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan secara intensif sampai dapat memanfaatkan lahan pekarangan sebagai media penanaman berbasis ramah lingkungan untuk warga. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menjadi inovasi tersendiri di era new normal ini yang dihadapi oleh warga. Hasil respon kepuasan kegiatan pelatihan/pendampingan menunjukkan bahwa peserta pelatihan menilai kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat dan menyenangkan. Selain itu, kegiatan pelatihan ini memberikan pengalaman langsung kepada warga dalam memulai,mengembangkan dan membuat ketrampilan pembuatan pestisida nabati ramah lingkungan. HasilĀ  penilaian keterampilan warga desa Bandarkedungmulyo menunjukkan bahwa 70% peserta pelatihan memiliki kemampuan yang baik ketika memulai penaman dari pekarangan rumah dan pembuatan pestisida nabati ramah lingkungan. Sebanyak 30% peserta pelatihan dalam kategori dengan keterampilan yang cukup baik dimana dipengaruhi oleh keterbatan pekarangan dan minat yang kurang dalam hal kegiatan tersebut.

Published
2021-04-29
How to Cite
Firdaus, N., Pradana, A. A., Hidayatulloh, muhammad K. Y., & Ummah, R. (2021). Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Pestisida Nabati sebagai Solusi Pegendalian Hama Tanaman. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 49-54. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimasper/article/view/1169
Section
Articles