https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/issue/feedJumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat2024-08-13T23:13:57+00:00M. Qoyum Zuhriawanqoyum@unwaha.ac.idOpen Journal Systems<p>JUMAT PENDIDIKAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT adalah Jurnal ilmiah yang mewadahi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA)</p>https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/3666Edukasi Manfaat Adanya Perusahaan Asuransi di Kalangan Mahasiswa UIN KHAS Jember2024-07-14T04:35:04+00:00Luluk Musfirohlulukm88@gmail.comYuda Ferawatiyudhaferawati19@gmail.comNurul Azizatussa'adahfera19022001@gmail.com<p>Insurance Company is a company that provides risk coverage services due to loss, damage etc. In Indonesia, which has a dense human population and a high level of accident risk, of course education about the benefits of insurance companies is very important, especially among students who are agents of change. Therefore community service activities in the form of socializing the benefits of having an insurance company are carried out targeting UIN KHAS Jember students. This community service activity was carried out on May 23, 2023 to be precise in the Sharia Accounting 3 semester 6 class of UIN KHAS Jember. The method used in this service uses case studies and presentations in class. The purpose of this service is for UIN KHAS Jember students to know the benefits of having an insurance company in the community.</p>2024-08-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Yuda Ferawati Feraaa, Luluk Musfiroh, Nurul Azizatussa'adahhttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/4820Efektivitas Pelatihan Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Pengelolaan Keuangan Pada Siswa SDN Ketawanggede Malang2024-07-13T12:51:33+00:00Alya Imanda Shafaalyaimanda7339@gmail.comAri Prastyoarioioi262@gmail.comMuhammad Jamaluddinjamaluddin@psi.uin-malang.ac.id<p><em>Literasi merupakan kegiatan dan kemampuan seseorang dalam menulis, membaca, maupun mengolah informasi. Literasi ini adalah hal yang sangat penting bagi semua kalangan, terutama literasi keuangan. Literasi keuangan mencakup pemahaman tentang bagaimana uang berfungsi dan kemampuan seseorang untuk mengelola keuangan. Pendidikan literasi keuangan penting dilakukan sejak dini membantu anak-anak memahami cara uang bekerja, nilai uang, dan pentingnya mengelola keuangan dengan benar agar dapat membantu mereka menghindari masalah keuangan di masa depan. Dengan begitu, pelatihan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efektif pelatihan literasi keuangan dalam meningkatkan pengelolaan keuangan pada siswa kelas 2 SDN Ketawanggede. Kegiatan ini dilakukan selama satu hari dengan waktu 1 jam pelajaran dan hanya mengambil satu kelas yakni kelas 2B dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Hasil pelatihan didapatkan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi (quasi-eksperimental design) dengan analisis data menggunakan uji normalitas terlebih dahulu sebelum melakukan uji hipotesis. </em><em>Berdasarkan hasil data yang diperoleh, pada Asymp. Sig, tertulis nilai 0,046. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil literasi sebelum dan sesudah diberi perlakuan.</em></p>2024-08-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Alya Imanda Shafa, Ari Prastyo, Muhammad Jamaluddinhttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/4346Pendapingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka2024-07-29T02:44:17+00:00Rahayu Syafarirahayu.syafari@uniku.ac.idAnggar Titis PrayitnoPrayitno@gmail.comSumarni SumarniSumarni@gmail.com<p>Sejatinya kurikulum akan selu berubah mengikuti perkembangan hal ini terjadi dikarenakan kurikulum pendidikan disediakan untuk menjawab kebutuhan yang secara terus menerus bergerak berubah. Kali ini perubahan kurikulum sedang hangat untuk dibaha, setiap perubahan dipastikan akan menciptakan fenomena beragam bagi pelaksana. Salah satu fenomena dari perubahan kurikulum yang sangat berdampak adalah kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum yang baru, dimana setiap guru harus melakukan penyesuaian penyesuaian pada pengadmistrasian guru. Salah satunya adalah istilah dari RPP menjadi Modul Ajar, hal ini menimbulkan kegaduhan karena proses perpindahan biasanya berdampak pada teknis teknis pembuatan Modul Ajar. Berdasakan fenomena tersebut tim pengabdian kali ini berfokus pada memfasilitasi guru di lingkungan SDN 2 Dayeuh Luhur untuk berlatih, berdiskusi dalam forum grup disscusion ( FGD ) untuk mendapatkan pemahaman baru mengenai kurikulum merdeka dan proses serta tahapan penyusunan Modul Ajar.</p>2024-08-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rahayu Syafarihttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/4247Mengoptimalkan Sifat Amanah Pada Anak Usia Dini Melalui Dongeng "Popi Yang Pelupa"2024-08-13T23:13:57+00:00normarifahnormariiifah@gmail.comSaudahsaudah@iain-palangkaraya.ac.id<p>Melalui dongeng “Popi yang Pelupa†berupaya mengotimalkan sifat amanah pada anak usia dini. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menggunakan metode service learning pada bulan Oktober 2023 dengan memberikan pembelajaran ataupun pengetahuan melalui dongeng “Popi yang Pelupa†kepada 4 orang anak usia dini di kota Palangka Raya. Adapun hasil dari kegiatan ini yaitu untuk membantu mengoptimalkan sifat baik pada diri anak yaitu sifat Amanah. Melalui kegiatan mendongeng ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan sifat amanah pada anak usia dini.</p>2024-08-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 normarifah, Saudahhttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/4206P Parenting Education (Positive Parenting Untuk Buah Hati Tercinta Di Era Digital).2023-11-30T10:23:03+00:00chusnul chotimahchusnulchotimah@unwaha.ac.idSiska Arum Sari Siska Arum Sari Chusnulchotimah@unwaha.ac.idAndini Zulfah Andini Zulfah Chusnulchotimah@unwaha.ac.idAsha Melinia Enjela Asha Melinia Enjela Chusnulchotimah@unwaha.ac.idMuhammad Hisommudin Muhammad Hisommudin Chusnulchotimah@unwaha.ac.id<p><em>Orang tua dalam keluarga berperan sebagai pendidik pertama dan dasar bagi tumbuh kembang anak, orang tua memenuhi peran ini melalui teladan atau praktik pengasuhan yang positif dan efektif. kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) melalui kegiatan Parenting Education dengan tema “Positive Parenting untuk Buah Hati Tercinta di Era Digital†kepada Ibu-ibu di Desa Karobelah memiliki tujuan memberikan edukasi dan pemahaman parenting terhadap anak, mengupas konsep pendekatan parenting terhadap anak, memberikan pelatihan pemanfaatan barang bekas dalam penerapan parenting terhadap anak. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat(PKM) ini adalah Participatory Action research (PAR), PAR adalah partisipasi yang artinya turut serta atau ikut serta dalam kegiatan<strong>. </strong></em></p>2024-08-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 chusnul chotimah, Siska Arum Sari , Andini Zulfah , Asha Melinia Enjela , Muhammad Hisommudin https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/4173Pengenalan Persepsi Dasar Kimia pada Anak melalui Eksperimen Sains Menarik sebagai Upaya Penanggulangan Chemophobia2024-08-08T14:27:26+00:00Isti Yunitaisti_yunita@uny.ac.idDina Dinadina@uny.ac.idKun Sri Budiasihkunsb@uny.ac.idCahyorini Kusumawardanicahyorini.k@uny.ac.id<div> <p class="5ABSTRAK"><span lang="EN-US">Pengabdian kali ini bertujuan untuk mengenalkan persepsi dasar kimia pada anak melalui eksperimen sains menarik untuk menanggulangi chemophobia. Sejumlah 30 peserta kegiatan dari MDT. Ngudi Luhur menjadi khalayak sasaran. Kegiatan disampaikan dalam dua kali pertemuan, teori dan praktik. Eksperimen kimia menarik dipilih sebagai kegiatan untuk memperkuat teori yang telah disampaikan di pertemuan sebelumnya. Eksperimen kimia menarik yang dilakukan yaitu ikan berenang, pelangi di piring, the menjadi air putih, meniup balon, lava lamp, dan pesan rahasia. Instrumen yang digunakan yaitu lembar need assessment, lembar observasi keaktifan peserta, lembar observasi unjuk kerja, kumpulan pertanyaan untuk game cerdas cermat, serta lembar angket evaluasi kegiatan. Kegiatan mencapai indikator keberhasilan ditandai dengan 81,67% peserta terlibat aktif serta 100% peserta mengikuti demonstrasi dengan baik. Keberhasilan kegiatan pengabdian menjadi salah satu kontribusi tim pengabdi dalam mengatasi kesalahan persepsi terhadap kimia yang berkembang di masyarakat yang akan lebih dirasakan manfaatnya jika diberikan sejak usia anak.</span></p> </div>2024-08-12T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Isti Yunita, Dina Dina, Kun Sri Budiasih, Cahyorini Kusumawardanihttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/3975Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis pada Siswa Melalui Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Flashcard Alphabert di SDN Turipinggir 1 Megaluh Jombang2024-07-09T06:30:41+00:00Sujono Sujonosujono@unwaha.ac.idMuhyiddin Zainul ArifinArifin@gmail.comSutrisno SutrisnoSutrisno@gmail.comHabib HabibHabib@gmail.comAulia MaulidianaMaulidiana@gmail.comLaili YunizharYunizhar@gmail.comQorirotul Aini ZudlanZudlan@gmail.com<p><em>Membaca merupakan keterampilan yang diperlukan sebagai aspek dasar setiap siswa. Namun kemampuan membaca yang kurang pada siswa sekolah dasar khususnya kelas 1 dan 2 belum berkembang dengan baik. Kurangnya kemampuan membaca siswa juga berdampak pada kemampuan menulisnya yang terletak pada (1) cara pengucapan huruf yang runtut dan tidak jelas, (2) pembacaan suku kata, (3) penulisan yang mengandung kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi membaca dan menulis pada siswa melalui media pembelajaran berupa flashcard Alphabert di SDN Turipinggir 1 Megaluh Jombang. Dari hasil sosialisasi peningkatan kapasitas, rata-rata nilai posttest siswa adalah 54 yang termasuk dalam kriteria “cukup mampuâ€. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang terlihat pada diri siswa dari sebelum dilaksanakan tes dan setelah dilakukan tes</em></p>2024-08-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Sujono, Muhyiddin Zainul Arifin, Sutrisno, Habib, Aulia Maulidiana, Laili Yunizhar, Qorirotul Aini Zudlanhttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/3883Pembuatan dan Pengelolaan Website Desa Sebagai Media Informasi dan Administrasi Desa Kawisrejo2024-07-25T06:11:33+00:00Mohamad Khoironkhoiron@unmerpas.ac.idSyahrul AlfaniSyahrul@gmail.com<p>The writer wants to provide solutions and innovations to facilitate village administrative activities and access village information in Kawisrejo Village. The author provides the application of technology in Kawisrejo Village by creating a village website which contains village history, village information, village structure, and community services which will later be useful for administrative administrators as admins and the community as users of information and services. This implementation method will be divided into several stage, including the preparation stage, the implementation stage, and the evaluation stage. With the existence of a village website, the village can use it as an information medium and as a website-based village administration media. By making this website, it is hoped that Kawisrejo Village can solve problems in the exchange and delivery of information and promotions can be minimized easily and quickly.</p>2024-08-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Mohamad Khoironhttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/3701PENGEMBANGAN BUDAYA LINGKUNGAN SEKOLAH ADIWIYATA MELALUI PENGENALAN TANAMAN BERBASIS QR CODE2024-07-24T06:24:28+00:00Hanna Alifia Maf'ullahannaalifiaaa@gmail.com<p><strong>Abstrak</strong> : Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang diberi penghargaan karena telah berhasil menerapkan gerakan menjaga lingkungan. Sebagai sekolah adiwiyata, pengelolaan lingkungan dan penerapan budaya lingkungan perlu untuk diterapkan dan selalui ditingkatkan, salah satunya dengan pemeliharaan taman dan tanaman sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat melalui program Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang ini bertujuan untuk melakukan pengembangan terhadap sistem penamaan tanaman di SDN Sawojajar 3 Malang. Pengembangan sistem penamaan tanaman dilakukan dengan adaptasi teknologi berbasis <em>QR Code</em>. Tahapan pengembangan sistem penamaan dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengembangan sistem ini adalah label tanaman dalam bentuk <em>QR Code</em> yang memuat informasi terkait data tanaman yang kemudian dicetak dalam ukuran A6 dan dipasang pada tanaman tertentu yang dapat diakses dengan mudah melalui <em>smartphone</em> dengan perantara berupa aplikasi google lens maupun aplikasi pemindai barcode lainnya. Dengan sistem penamaan tanaman berbasis <em>QR Code</em> menjadikan sistem lebih praktis, efektif, mampu menarik atensi banyak orang, dan lebih minimalis daripada label penamaan sebelumnya.</p>2024-08-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Hanna Alifia Maf'ullahttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/4929Penguatan Model Kompetensi Guru sesuai Perdirjen 2626/B/HK.04.01/2023 pada Komunitas Belajar di Madiun2024-08-03T02:44:42+00:00Sapta WidayantiSapta@gmail.comRosyida Nurul Anwarrosyidanurul@unipma.ac.id<p class="5ABSTRAK"><span lang="EN-US" style="color: windowtext;">Guru harus memiliki kompetensi yang kuat karena guru memiliki peran penting dan multidimensi dalam dunia pendidikan. Model kompetensi pada guru penting karena memberikan kerangka kerja yang jelas tentang kualitas dan keterampilan pembelajaran yang diperlukan secara efektif. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini memiliki tujuan agar guru mengetahui regulasi terbaru tentang model kompetensi guru. Metode pelaksanaan dilakukan dengan tahapan input meliputi analisis kebutuhan, menetukan sasaran tahapan proses meliputi pelaksanaan dan refleksi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada komunitas belajar pada lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Peserta sebanyak 48 orang yang terdiri dari kepala sekolah dan guru. Hasil pelaksanaan kegiatan memberikan gambaran pada peserta mengenai model kompetensi guru sesuai Perdirjen 2626/B/HK.04.01/2023. Guru mengetahui bahwa adanya perubahan model kompetensi guru sebagai bagian dari adanya transformasi pendidikan guna meningkatkan kualitas pendidikan dan pendidikan yang berpusat pada peserta didik.</span></p>2024-08-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rosyida Nurul Anwar, Sapta Widayanti