PENDAMPINGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SUPLAY STUDY WITH PLAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Khoirun Nisa' Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Wahyudi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Muhammad Saat Ibnu waqfin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Lailatus Sa'diyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Hafidho Lailiatil Ummah A Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Sayyidah Ainur Rofiqoh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Linda Halimatus Sa'diyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Khusmiranti Mufida Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i3.5366

Keywords:

penggunaan, media, pembelajaran, meningkatkan, motivasi

Abstract

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Manunggal merupakan salah satu Sekolah Dasar Negeri yang berada di Desa Manunggal Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. SDN Manunggal terdiri dari 155 siswa dan 11 guru. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat di kelas 3  SDN Manunggal memiliki kekurangan inovasi dalam proses belajar-mengajar. Sehingga para siswa cenderung merasa bosan dan tidak bersemangat dalam belajar. Media pembelajaran yang digunakan hanya berupa buku siswa. Media pembelajaran merupakan jembatan yang membantu guru untuk memahamkan materi yang disampaikan kepada siswa. Media pembelajaran bagi siswa sekolah dasar biasanya di bentuk menarik dan mendidik. Media pembelajaran juga berfungsi untuk merangsang minat dan motivasi siswa. Oleh karena itu pengabdian ini bertujuan untuk pendampingan dan penggunaan media pembelajaran Suplsy study with Play untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode pendekatan yang digunakan pada pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah pendekatan pembuatan, sosialisasi, dan implementasi. Metode pendekatan pembuatan, sosialisasi, dan implementasi melibatkan langkah-langkah terstruktur untuk memastikan keberhasilan proyek atau produk.Metode pembuatan adalah cara sistematis untuk merancang dan menghasilkan produk atau solusi. Metode ini dimulai dengan analisis kebutuhan dan penetapan tujuan, kemudian tahap perencanaan, yang mencakup desain dan pemilihan material atau teknologi. Kemudian, proses pembuatan dilakukan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, memastikan kontrol kualitas yang ketat sepanjang proses. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan Media Pembelajaran SUPLAY Study With Play sangat efektif  dan mudah diterimah oleh setiap peserta didik.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nisa’, K., Wahyudi, W., waqfin, M. S. I. ., Sa’diyah, L. ., Ummah A, H. L., Rofiqoh, S. A., Sa’diyah, L. H., & Mufida, K. (2024). PENDAMPINGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SUPLAY STUDY WITH PLAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 131–136. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i3.5366

Issue

Section

Articles