Efektivitas Pelatihan Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Pengelolaan Keuangan Pada Siswa SDN Ketawanggede Malang

Authors

  • Alya Imanda Shafa Universitas IsIam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Ari Prastyo Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Muhammad Jamaluddin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i2.4820

Keywords:

Literasi Keuangan, Pengelolaan Keuangan, Siswa

Abstract

Literasi merupakan kegiatan dan kemampuan seseorang dalam menulis, membaca, maupun mengolah informasi. Literasi ini adalah hal yang sangat penting bagi semua kalangan, terutama literasi keuangan. Literasi keuangan mencakup pemahaman tentang bagaimana uang berfungsi dan kemampuan seseorang untuk mengelola keuangan. Pendidikan literasi keuangan penting dilakukan sejak dini membantu anak-anak memahami cara uang bekerja, nilai uang, dan pentingnya mengelola keuangan dengan benar agar dapat membantu mereka menghindari masalah keuangan di masa depan. Dengan begitu, pelatihan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efektif pelatihan literasi keuangan dalam meningkatkan pengelolaan keuangan pada siswa kelas 2 SDN Ketawanggede. Kegiatan ini dilakukan selama satu hari dengan waktu 1 jam pelajaran dan hanya mengambil satu kelas yakni kelas 2B dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Hasil pelatihan didapatkan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi (quasi-eksperimental design) dengan analisis data menggunakan uji normalitas terlebih dahulu sebelum melakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, pada Asymp. Sig, tertulis nilai 0,046. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil literasi sebelum dan sesudah diberi perlakuan.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Shafa, A. I. ., Prastyo, A., & Jamaluddin, M. . (2024). Efektivitas Pelatihan Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Pengelolaan Keuangan Pada Siswa SDN Ketawanggede Malang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 69–75. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i2.4820

Issue

Section

Articles