Efektivitas Pelatihan Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Pengelolaan Keuangan Pada Siswa SDN Ketawanggede Malang
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i2.4820Keywords:
Literasi Keuangan, Pengelolaan Keuangan, SiswaAbstract
Literasi merupakan kegiatan dan kemampuan seseorang dalam menulis, membaca, maupun mengolah informasi. Literasi ini adalah hal yang sangat penting bagi semua kalangan, terutama literasi keuangan. Literasi keuangan mencakup pemahaman tentang bagaimana uang berfungsi dan kemampuan seseorang untuk mengelola keuangan. Pendidikan literasi keuangan penting dilakukan sejak dini membantu anak-anak memahami cara uang bekerja, nilai uang, dan pentingnya mengelola keuangan dengan benar agar dapat membantu mereka menghindari masalah keuangan di masa depan. Dengan begitu, pelatihan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efektif pelatihan literasi keuangan dalam meningkatkan pengelolaan keuangan pada siswa kelas 2 SDN Ketawanggede. Kegiatan ini dilakukan selama satu hari dengan waktu 1 jam pelajaran dan hanya mengambil satu kelas yakni kelas 2B dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Hasil pelatihan didapatkan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi (quasi-eksperimental design) dengan analisis data menggunakan uji normalitas terlebih dahulu sebelum melakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, pada Asymp. Sig, tertulis nilai 0,046. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil literasi sebelum dan sesudah diberi perlakuan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alya Imanda Shafa, Ari Prastyo, Muhammad Jamaluddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.