Pelatihan Baca Al Quran dengan Metode Iqro bagi calon guru TPQ Dusun Piyaman 2
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i3.4457Keywords:
Pelatihan baca Al-Quran, metode IqroAbstract
Tidak diragukan lagi bahwa, dalam membentuk masyarakat yang agamis dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan ajaran agama islam, sudah sepatutnya peran guru itu diperhatikan. Rendahnya kemampuan membaca Al-Quran dikalangan calon guru Taman Pendidikan Al-Quran sangatlah mempengaruhi kualitas pendidikan agama khususnya di tingkat lokal atau desa. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pendampingan atau pelatihan baca Al-Quran dengan metode iqro bagi calon guru Taman Pendidikan Al-Quran di dusun Piyaman 2 ini adalah memberikan pelatihan yang efektif dalam menggunakan metode iqro untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca Al-Quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participatory action research, yaitu pendekatan penelitian yang melibatkan partisipasi aktif dari semua pihak yang terlibat dalam suatu komunitas atau situasi tertentu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Quran , pemahaman isii, dan penguasaan teknik bacaan, serta peningkatan motivasi dan kepercayaan diri peserta dalam mengajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zakaria Saputra, Nanda Djoehan Muhammad, Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.