Pelatihan Baca Al Quran dengan Metode Iqro bagi calon guru TPQ Dusun Piyaman 2

Authors

  • Zakaria Saputra STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya
  • Nanda Djoehan Muhammad STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya
  • Hermawan STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i3.4457

Keywords:

Pelatihan baca Al-Quran, metode Iqro

Abstract

Tidak diragukan lagi bahwa, dalam membentuk masyarakat yang agamis dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan ajaran agama islam, sudah sepatutnya peran guru itu diperhatikan. Rendahnya kemampuan membaca Al-Quran dikalangan calon guru Taman Pendidikan Al-Quran  sangatlah mempengaruhi kualitas pendidikan agama khususnya di tingkat lokal atau desa.  Oleh karena itu, tujuan dari  kegiatan pendampingan atau pelatihan baca  Al-Quran dengan metode iqro bagi calon guru Taman Pendidikan Al-Quran di dusun Piyaman 2 ini adalah memberikan pelatihan yang efektif dalam menggunakan metode iqro untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca Al-Quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Participatory action research, yaitu pendekatan penelitian yang melibatkan partisipasi aktif dari semua pihak yang terlibat  dalam suatu komunitas atau situasi tertentu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Quran , pemahaman isii, dan penguasaan teknik bacaan, serta peningkatan motivasi dan kepercayaan diri peserta dalam mengajar.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Saputra, Z., Muhammad, N. D. ., & Hermawan, H. (2024). Pelatihan Baca Al Quran dengan Metode Iqro bagi calon guru TPQ Dusun Piyaman 2. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 150–153. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i3.4457

Issue

Section

Articles