Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis Melalui Media Pembelajaran Alat Peraga Flashcard Alphabert

Authors

  • Sujono Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nurul Yaqin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Muhyiddin Zainul Arifin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Sutrisno STAI At Tadzhib
  • Habib Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Aulia Maulidiana Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Laili Yunizhar Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Qorirotul Aini Zudlan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i1.4225

Keywords:

Flashcard Alphabert, Alat Peraga, Media Pembelajaran

Abstract

Membaca merupakan keterampilan yang diperlukan sebagai aspek dasar setiap siswa. Namun kemampuan membaca yang kurang pada siswa sekolah dasar khususnya kelas 1 dan 2 belum berkembang dengan baik. Kurangnya kemampuan membaca siswa juga berdampak pada kemampuan menulisnya yang terletak pada (1) cara pengucapan huruf yang runtut dan tidak jelas, (2) pembacaan suku kata, (3) penulisan yang mengandung kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi membaca dan menulis pada siswa melalui media pembelajaran berupa flashcard Alphabert di SDN Turipinggir 1 Megaluh Jombang. Dari hasil sosialisasi peningkatan kapasitas, rata-rata nilai posttest siswa adalah 54 yang termasuk dalam kriteria “cukup mampuâ€. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang terlihat pada diri siswa dari sebelum dilaksanakan tes dan setelah dilakukan tes

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Sujono, Yaqin, N., Arifin, M. Z., Sutrisno, Habib, Maulidiana, A. ., Yunizhar, L. ., & Zudlan, Q. A. . (2024). Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis Melalui Media Pembelajaran Alat Peraga Flashcard Alphabert. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 6–11. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i1.4225

Issue

Section

Articles