Pengenalan Persepsi Dasar Kimia pada Anak melalui Eksperimen Sains Menarik sebagai Upaya Penanggulangan Chemophobia
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i2.4173Keywords:
chemophobia, persepsi dasar kimia, eksperimen kimia menarikAbstract
Pengabdian kali ini bertujuan untuk mengenalkan persepsi dasar kimia pada anak melalui eksperimen sains menarik untuk menanggulangi chemophobia. Sejumlah 30 peserta kegiatan dari MDT. Ngudi Luhur menjadi khalayak sasaran. Kegiatan disampaikan dalam dua kali pertemuan, teori dan praktik. Eksperimen kimia menarik dipilih sebagai kegiatan untuk memperkuat teori yang telah disampaikan di pertemuan sebelumnya. Eksperimen kimia menarik yang dilakukan yaitu ikan berenang, pelangi di piring, the menjadi air putih, meniup balon, lava lamp, dan pesan rahasia. Â Instrumen yang digunakan yaitu lembar need assessment, lembar observasi keaktifan peserta, lembar observasi unjuk kerja, kumpulan pertanyaan untuk game cerdas cermat, serta lembar angket evaluasi kegiatan. Kegiatan mencapai indikator keberhasilan ditandai dengan 81,67% peserta terlibat aktif serta 100% peserta mengikuti demonstrasi dengan baik. Keberhasilan kegiatan pengabdian menjadi salah satu kontribusi tim pengabdi dalam mengatasi kesalahan persepsi terhadap kimia yang berkembang di masyarakat yang akan lebih dirasakan manfaatnya jika diberikan sejak usia anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isti Yunita, Dina Dina, Kun Sri Budiasih, Cahyorini Kusumawardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.