Pengenalan Persepsi Dasar Kimia pada Anak melalui Eksperimen Sains Menarik sebagai Upaya Penanggulangan Chemophobia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i2.4173

Keywords:

chemophobia, persepsi dasar kimia, eksperimen kimia menarik

Abstract

Pengabdian kali ini bertujuan untuk mengenalkan persepsi dasar kimia pada anak melalui eksperimen sains menarik untuk menanggulangi chemophobia. Sejumlah 30 peserta kegiatan dari MDT. Ngudi Luhur menjadi khalayak sasaran. Kegiatan disampaikan dalam dua kali pertemuan, teori dan praktik. Eksperimen kimia menarik dipilih sebagai kegiatan untuk memperkuat teori yang telah disampaikan di pertemuan sebelumnya. Eksperimen kimia menarik yang dilakukan yaitu ikan berenang, pelangi di piring, the menjadi air putih, meniup balon, lava lamp, dan pesan rahasia.  Instrumen yang digunakan yaitu lembar need assessment, lembar observasi keaktifan peserta, lembar observasi unjuk kerja, kumpulan pertanyaan untuk game cerdas cermat, serta lembar angket evaluasi kegiatan. Kegiatan mencapai indikator keberhasilan ditandai dengan 81,67% peserta terlibat aktif serta 100% peserta mengikuti demonstrasi dengan baik. Keberhasilan kegiatan pengabdian menjadi salah satu kontribusi tim pengabdi dalam mengatasi kesalahan persepsi terhadap kimia yang berkembang di masyarakat yang akan lebih dirasakan manfaatnya jika diberikan sejak usia anak.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Yunita, I., Dina, D., Budiasih, K. S. ., & Kusumawardani, C. . (2024). Pengenalan Persepsi Dasar Kimia pada Anak melalui Eksperimen Sains Menarik sebagai Upaya Penanggulangan Chemophobia. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 81–90. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i2.4173

Issue

Section

Articles