Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis pada Siswa Melalui Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Flashcard Alphabert di SDN Turipinggir 1 Megaluh Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i2.3975Keywords:
Media Pembelajaran, Alat Peraga, Flashcard AlphabertAbstract
Membaca merupakan keterampilan yang diperlukan sebagai aspek dasar setiap siswa. Namun kemampuan membaca yang kurang pada siswa sekolah dasar khususnya kelas 1 dan 2 belum berkembang dengan baik. Kurangnya kemampuan membaca siswa juga berdampak pada kemampuan menulisnya yang terletak pada (1) cara pengucapan huruf yang runtut dan tidak jelas, (2) pembacaan suku kata, (3) penulisan yang mengandung kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi membaca dan menulis pada siswa melalui media pembelajaran berupa flashcard Alphabert di SDN Turipinggir 1 Megaluh Jombang. Dari hasil sosialisasi peningkatan kapasitas, rata-rata nilai posttest siswa adalah 54 yang termasuk dalam kriteria “cukup mampuâ€. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang terlihat pada diri siswa dari sebelum dilaksanakan tes dan setelah dilakukan tes
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sujono, Muhyiddin Zainul Arifin, Sutrisno, Habib, Aulia Maulidiana, Laili Yunizhar, Qorirotul Aini Zudlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.