Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis pada Siswa Melalui Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Flashcard Alphabert di SDN Turipinggir 1 Megaluh Jombang

Authors

  • Sujono Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Muhyiddin Zainul Arifin Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Sutrisno Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Habib Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Aulia Maulidiana Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Laili Yunizhar Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Qorirotul Aini Zudlan Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i2.3975

Keywords:

Media Pembelajaran, Alat Peraga, Flashcard Alphabert

Abstract

Membaca merupakan keterampilan yang diperlukan sebagai aspek dasar setiap siswa. Namun kemampuan membaca yang kurang pada siswa sekolah dasar khususnya kelas 1 dan 2 belum berkembang dengan baik. Kurangnya kemampuan membaca siswa juga berdampak pada kemampuan menulisnya yang terletak pada (1) cara pengucapan huruf yang runtut dan tidak jelas, (2) pembacaan suku kata, (3) penulisan yang mengandung kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi membaca dan menulis pada siswa melalui media pembelajaran berupa flashcard Alphabert di SDN Turipinggir 1 Megaluh Jombang. Dari hasil sosialisasi peningkatan kapasitas, rata-rata nilai posttest siswa adalah 54 yang termasuk dalam kriteria “cukup mampuâ€. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang terlihat pada diri siswa dari sebelum dilaksanakan tes dan setelah dilakukan tes

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Sujono, S., Arifin, M. Z. ., Sutrisno, S., Habib, H., Maulidiana, A. ., Yunizhar, L. ., & Zudlan, Q. A. . (2024). Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis pada Siswa Melalui Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Flashcard Alphabert di SDN Turipinggir 1 Megaluh Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 95–100. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i2.3975

Issue

Section

Articles