Peningkatan Daya Jual Produk UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas di Kelurahan Krapyakrejo Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i2.3889Keywords:
Digitalisasi; Inovasi; UMKM;Abstract
Digitalisasi telah menciptakan sebuah era perdagangan bebas yang menghadirkan berbagai tantangan yang dapat mengancam eksistensi bagi para pelaku UMKM. Tantangan yang akan dihadapi berupa kegiatan ekonomi yang bergantung terhadap persaingan global yang bebas terbuka sehingga hanya pelaku bisnis yang kuat yang akan bertahan. Digitalisasi juga telah menyebabkan dunia ekonomi mengalami pergesaran paradigma menjadi ekonomi berbasis pengetahuan dan kreativitas. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan peningkatan daya saing UMKM di Kelurahan Krapyakrejo berbasis inovasi Teknologi sebagai jawaban atas dampak yang dihadirkan oleh era digital. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode survei. Berdasarkan hasil survei, para pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Krapyakrejo masih belum siap untuk menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh Digitalisasi. Maka dari itu, KKN Universitas Merdeka Pasuruan Kelompok 2 mengupayakan peningkatan daya saing UMKM berbasis inovasi dan kreativitas berupa pembuatan NIB dan melakukan inovasi terhadap produk melalui upgrading kemasan dan pemasaran melalui pemanfaatan media social digital. Untuk mewujudkan hal tersebut kegiatan pengabdian ini menggunakan metode yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Adapun hasil dari kegiatan ini mampu memberikan perubahan terhadap produk UMKM di Kelurahan Krapyakrejo Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan ‘ ‘berupa produk siap untuk di jual di marketplace karena sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) serta produk dikemas dengan kemasan yang lebih menarik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Mahrus Ali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.