Peningkatan Literasi Siswa melalui Edugames dengan Mading Art Question

Authors

  • Khotim Fadhli Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • M Farid Nasrulloh Universitas. KH. A. Wahab Hasbullah
  • Moch Faizul Huda Universitas. KH. A. Wahab Hasbullah
  • Siti Latifah Universitas. KH. A. Wahab Hasbullah
  • Binti Wasiatul C Universitas. KH. A. Wahab Hasbullah
  • Sania Eliza Putri Universitas. KH. A. Wahab Hasbullah
  • Memey Ayu Prasasti Universitas. KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i1.3378

Keywords:

Improvement, Literacy, Edugames, Mading Art Questions.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa Sekolah Dasar Negeri Dukuharum Megaluh Jombang. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6 Sekolah Dasar Negeri Dukuharum Megaluh Jombang yang berjumlah 94 siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan dan sosialisasi penerapan edugames dengan media pembelajaran mading art questions untuk meningkatkan literasi bagi siswa sekolah dasar ini dilakukan melalui beberapa tahap, yakni; perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi.  

Berdasarkan hasil diketahu bahwa penerapan edugames dengan mading art questions ini berdampak positif pada bertambahnya minat belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Dukuharum Megaluh Jombang dalam membaca buku dan mengikuti proses belajar di kelas. Adanya penerapan edugames dengan mading art questions ini juga berdampak positif pada peningkatan literasi siswa Sekolah Dasar Negeri Dukuharum Megaluh Jombang dalam pengetahuan matematika dan sains. Sehingga, adanya penerapan edugames dengan mading art question layak digunakan kembali dan dilanjutkan oleh guru-guru kelas di Sekolah Dasar Negeri Dukuharum Megaluh Jombang.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Fadhli, K., Nasrulloh, M. F. ., Huda, M. F. ., Latifah, S., C, B. W., Putri, S. E. ., & Prasasti, M. A. . (2023). Peningkatan Literasi Siswa melalui Edugames dengan Mading Art Question. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 40–46. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i1.3378

Issue

Section

Articles