Pembelajaran Tajwid Berbantuan Buku Saku untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri TPQ

Authors

  • Wisnu Siwi Satiti Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Khusnul Khotimah Dosen Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Faisol Hidayatulloh Dosen Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Nadya Ruri N Mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Yazmir Ganistan Mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Bayu Alamsyah Mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i1.3178

Keywords:

community service, Reciting Al-Qur'an, tajwid-pocket-book, TPQ, Kalikejambon

Abstract

Pemahaman terhadap Alquran merupakan hal utama bagi setiap muslim. Pemahaman menjadi lengkap setelah diikuti dengan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari. Guna memperoleh pemahaman, hal pertama yang harus dimiliki setiap muslim adalah kemampuan membaca Alquran secara benar. Membaca Alquran tentunya tidak terlepas dari ilmu tajwid. Salah satu upaya pendidikan Alquran di Indonesia yaitu dengan diadakannya Taman Pendidikan Alquran (TPA/TPQ). Sistem pembelajaran Alquran di TPQ pada umumnya bersifat tutor dan pendampingan langsung one-to-one. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Alquran dapat digunakan alat bantu berupa media pembelajaran berupa buku saku tajwid. Kegiatan nyata yang dapat dilakukan yaitu kegiatan pengabdian kepada masyarakat. bentuk sosialisai dan penggunaan buku saku tajwid dalam pembelajaran Alquran. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan mitra beberapa TPQ di Desa Kalikejambon, yaitu TPQ Al-Ihsan, Al-Irsyad, Baitul Utsman, Baitul Muttaqin, Ar-Roudhoh, dan TPQ Al-Muntoha. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengadopsi metode Participatory Action Research (PAR). Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan buku saku menjadi lebih jelas, menyenangkan dan menarik bagi anak-anak (santri). Selain itu, penggunaan buku saku tajwid menjadikan pembelajaran lebih efisien, dan penyusunan materi yang singkat dan jelas pada buku saku telah meningkatkan kualitas hasil belajar anak-anak (santri).

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Satiti, W. S., Khotimah, K., Hidayatulloh, F., Ruri N , N. ., Ganistan, Y., & Alamsyah , B. (2023). Pembelajaran Tajwid Berbantuan Buku Saku untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri TPQ. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 5–10. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i1.3178

Issue

Section

Articles