Fasilitasi Pengembangan Perangkat Ajar Menuju Kurikulum Merdeka

Authors

  • Aan Nurhasanah Universitas Kuningan
  • Marlina Eliyanti Simbolon Universitas Kuningan
  • Rahayu Syafari Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i3.3172

Keywords:

fasilitasi, kurikulum merdeka, perangkat ajar, pelajar pancasila

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) option mandiri belajar oleh SD Negeri 3 Awirarangan Kec. Kuningan. Sekolah memilih option tersebut berdasarkan pada kesiapan sarana, prasanana, serta karakteristik siswa. Option mandiri belajar adalah pilihan IKM dari Kemendikbudristek dengan memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka, yakni dengan mengadaptasi beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan kelas 1 dan 4. Berdasarkan informasi yang diterima dari Kepala Sekolah, masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengadaptasi kebijakan kurikulum merdeka terutama dalam mengembangkan perangkat ajar serta projek profil pelajar Pancasila. Oleh sebab itu pengabdian ini bertujuan untuk memberikan fasilitasi kepada sekolah sekolah dan guru-guru dalam memahami perangkat ajar dan modul projek P4 dalam kurikulum merdeka. Output kegiatan pengabdian ini adalah rancangan ATP dan TP mata pelajaran SD kelas 1 dan 4 serta rancangan projek penguatan profil pelajar. Pelaksanaan fasilitasi dilakukan melalui alur Merrdeka yaitu dari Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Nurhasanah, A., Simbolon, M. E. ., & Syafari, R. . (2022). Fasilitasi Pengembangan Perangkat Ajar Menuju Kurikulum Merdeka. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 147–150. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i3.3172

Issue

Section

Articles