Pendampingan Belajar Melalui Metode Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siwa Sekolah Dasar di Kelurahan Habaring Hurung
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i3.2818Keywords:
Literasi sains, permainan edukatif.Abstract
Kemampuan literasi sains di Indonesia tergolong rendah dibandingkan negara lain, salah satunya dikarena kurang bijaknya memanfaatkan teknologi informatif sebagai sumber belajar, yang umumnya justru dimanfaatkan untuk kegiatan yang tidak produktif. Hal ini mempengaruhi ketuntasan literasi pendidika.n formal anak di usia produktif di Kelurahan Habaring Hurung. Tujuan program pendampingan belajar ini agar diperolehnya peningkatan kemampuan literasi sains melalui permainan edukatif siswa sekolah dasar siswa kelas III SDN 1 Habaring Hurung Kota Palangka Raya. Kegiatan dilakukan dengan metode action research melalui permainan edukatif yang melibatkan siswa sebagai subjek kegiatan. Berdasarkan hasil observasi dan penilaian yang telah dilakukan terdapat peningkatan terhadap kemampuan sains siswa, dibuktikan dengan peningkatan skor pada setiap indikator penilaian kemampuan sains. Skor paling besar terdapat pada indikator mampu menjelaskan kejadian sains dalam permainan edukatif yaitu dengan skor 54. Hasil kegiatan pendamingan ini menunjukkan peningkatan kemampuan sains siswa kelas III SDN 1 Habaring Hurung yang harus dipublikasikan dan didesiminasikan, dengan harapan dapat dijadikan bahan referensi untuk studi sejenis lebih lanjut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Annisa, Noor Hujjatusnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.